Tanya Dokter

  • Kapan waktu yang tepat untuk vaksin cacar?

  •  Hesty FP
    Anggota
    Sore dok, sy baru saja sembuh dari sakit cacar air yg kedua kalinya. Namun, untungnya kmrn tdk banyak yg keluar & cepat diobati sehingga cepat sembuh & kering. Dulu waktu kecil sy sdh pernah divaksin cacar, kalau sy mau vaksin lg kira2 sy harus tunggu brp lama setelah sy sembuh ini ya dok? Lalu dosisnya hrs brp kali? Terima kasih.

    Halo, terima kasih sudah bertanya ke Alodokter

    Cacar air atau disebut dengan varisela, disebabkan oleh virus dan pada umumnya diderita oleh anak-anak berusia di bawah 10 tahun. Penyakit ini juga dapat menyerang orang dewasa dan gejala yang muncul umumnya lebih berat daripada anak-anak.

    Kemerahan pada kulit yang timbul biasanya akan melalui tiga tahap, yaitu: 

    • Kemerahan pada kulit menjadi bentol-bentol kecil dan gatal.
    • Bentol-bentol kemudian berubah menjadi bintil berisi cairan yang lebih gatal
    • Setelah 1 sampai 2 hari, bintil akan mengering dan menjadi koreng yang akan mengelupas sendiri

       

      Obat antivirus mungkin bisa efektif untuk mengobati pengidap cacar air dewasa jika diberikan sebelum 24 jam mulai saat pertama kali muncul bintil-bintil berisi air.

      Vaksinasi cacar air atau varicella dapat diberikan pada saat Anda telah sembuh total dan dalam keadaan yang sehat karena vaksin varicella merupakan vaksin yang hidup. Namun, pada umumnya vaksinasi ulang pada seseorang yang telah terkena cacar air sudah tidak diperlukan lagi, akibat sistem imunitas yang telah terbentuk setelah terkena cacar air. Vaksin varicella sangat dianjurkan pada orang dewasa yang tidak terbukti pernah terkena cacar air sekalipun dan pada tenaga kesehatan. Vaksin varicella dapat diberikan secara 2 dosis dengan jarak pemberian 4-8 minggu.

       

      Baca juga artikel mengenai Cacar Air Pada Orang Dewasa

      Semoga bermanfaat.

      Salam,

      Dr. Christian Haryanto