Tanya Dokter

  • Perhitungan masa subur yang tepat

  • Malem dok... Mau tanya aku kan kalo mens itu setiap tanggal 7/8 yaa... Trs pertanyaanku waktu masa subur ku itu atau biar bisa dibuahi kira2 jaraknya berapa hari atau sekitar tanggal berapa yah? Soalnya aku udah mau 2 thn tdk KB tp blm hamil2 jg... Makasi dok..!

    Halo Maria, 

    Untuk mengetahui masa subur seorang wanita, informasi mengenai siklus menstruasi sangat penting. Bagi wanita dengan siklus menstruasi teratur (hampir sama setiap bulannya), maka masa subur rata-rata 12-16 hari sebelum masa menstruasi berikutnya. Namun ada kalanya masa menstruasi berubah dari waktu ke waktu (antara 3-7 hari). Oleh karena itu, selain metode kalender, sebaiknya dipadukan juga dengan indikator lainnya.

    Berikut beberapa indikator yang perlu diperhatikan :

    • suhu basal tubuh - yaitu suhu tubuh saat bangun di pagi hari, umumnya mengalami peningkatan (lebih dari 35,5-36,6 derajat Celsius)
    • lendir dari mulut rahim - dengan kriteria bening, licin, elastis, menyerupai putih telur mentah
    • nyeri ringan hingga berat pada perut atau salah satu bagian punggung
    • perasaan lebih bergairah

    Anda juga bisa memanfaatkan alat prediksi ovulasi, yang bertujuan memperkirakan saat pelepasan sel telur oleh indung telur. Alat ini bisa diperoleh di apotek secara bebas. Penentuan masa subur dilakukan dengan manganalisis urin Anda.

    Bila Anda dan pasangan telah berusaha memiliki keturunan lebih dari satu tahun tetapi tidak kunjung berhasil. Ada baiknya memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap Anda dan pasangan Anda. Dokter akan memastikan kesehatan organ reproduksi Anda dan pasangan melalui berbagai tes khusus. Silahkan baca lebih lengkap di sini.

    Semoga bermanfaat ya

    dr. LIli