Tanya Dokter

  • Apakah keputihan bisa menghambat kelancaran menstruasi?

  •  rina hasanah
    Anggota

    Pagi dokter saya ingin bertanya tentang kecemasan saya selama ini,saya hamil skrg usia 11week.sebelum hamil saya pernah keguguran tanpa kuret di bulan september lalu,lalu sekitar bulan januari saya mengalami sering sakit dibawah perut dan nyeri punggung bawah serta keputihan yg tadinya bening sampai sekarang berubah mnjdi hijau kental dan berbau,sebelum saya hamil yg sekarang saya rutin konsumsi rebusan air daun sirsak untuk selama 2 minggu sesudah menstruasi di bulan februari,lalu di bulan maret saya langsung positif hamil,hrs nya saya kmbli haid tgl 20 maret tp saya tidak haid malah perut saya merasakan seperti gejala mau haid,tp darah haid itu tak kunjung keluar lalu tgl 26 maret saya mengeluarkan flek hanya sekali seperti keputihan kental bercampur darah dan warnanta coklat tua,saya fikir mungkin sy mens,tp ternyata darah itu tidak keluar lagi,lalu telat 2 minggu saya coba tespek dan hasilnya positif dgn 2 garis tegas tapi selang 3 hari kemudian saya coba tespek lg dan hasilnya berubah menjadi samar,krn saya ragu dgn kehamilan saya yg hingga saat ini tidak mengalami mual muntah,tp berat badan malah turun 5kg,dan selama saya hamil keputihan hijau kental yg berbau itu masih juga sda sampai saat ini.saya takut dok karna keputihan yg saya alami menyebabkan seperti vagina saya yg terasa terbakar dan terasa tak tuntas ketika pipis,tp pipisnya tidak sakit.yg ingin saya tanyakan apa mungkin saya benar hamil sedangkan saya tidak merasakan apapun,lalu jika memang tidak hamil apakah keputihan saya ini visa menghambat jalanya darah menstruasi,krn jujur saya selalu dibayang bayangi penyakit kanker serviks.

    Hai rina Memang kehamilan awal sering tidak dirasakan adanya gejala apapun, biasanya gejala paling mudah dirasakan adanya terlambat mens dan mual sehingga dilakukan test pack. Jika test pack garis strip 2 memang biasanya adanya suatu kehamilan, untuk konfirmasi dapat dilakukan pemeriksaan USG. Tidak selalu kehamilan harus disertai adanya mual. Tanda lain kehamilan dapat Anda baca dibawah ini: Tanda-tanda awal kehamilan yang wajib kamu tahu Untuk keputihan yang berwarna hijau kental dan berbau disertai nyeri pada vagina nyeri biasanya diakibatkan oleh infeksi. Infeksi yang dapat menyebabkan keputihan antara lain:

    • Infeksi bakteri (bakterial vaginosis, gonore,dll)
    • Infeksi parasit (trikomoniasis)
    • Infeksi jamur
    • dll.
    Penanganan keputihan pada saat hamil diperlukan pengobatan yang hati-hati karena diperlukan pengobatan yang aman untuk janin, apalagi saat masih hamil awal. Sebaiknya memeriksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan seperti USG, cek cairan keputihan, cek urin,dll sehingga dapat dilakukan pengobatan yang tepat. Mengenan keputihan dapat Anda baca dibawah ini: Keputihan Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william