Tanya Dokter

  • Ciri-ciri gangguan psikologis

  •  Ayulia
    Anggota

    Saya kurang ngerti. Kenapa remaja dan anak usia 12-an zaman sekarang banyak yang menyukai dunia politik, ekonomi, dsb. Apakah ini gangguan psikologis?

    Ayulia  fb-lintalinarni
    Anggota

    maaf ya saya jawab pertanyaan Anda, kalau menurut saya itu bukan karena gangguan psikologis. menurut saya itu merupakan hal yang wajar, mengapa demikian? hal itu terjadi karena akhir-akhir ini memang ada cukup banyak hal-hal yang berbau politik yang diekspose di dunia massa seperti TV, Surat Kabar, Media Sosial dll. hal itu menyebabkan kini tidak hanya orang tua yang tertarik dengan dunia politik namun juga remaja dan anak-anak yang tidak secara langsung mengenal/mengetahui dunia politik.

    Ayulia  dr. F. Sutandi
    Dokter

    Halo, Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.com. Ayulina mungkin mengamati bahwa akhir-akhir ini semakin banyak anak muda yang berbicara soal politik, ekonomi dan sebagainya. Hal ini bukanlah gangguan psikologis namun merupakan efek samping dari mudahnya akses teknologi di abad ke-21 ini. Di masa ini, kita menjadi semakin mudah untuk mendapatkan informasi. Media sosial, mesin pencari di internet membuat kita dapat membaca masalah-masalah yang ada di masyarakat dan menyuarakan opini kita. Hal ini bukanlah hal yang negatif. Namun, mungkin anak Anda membutuhkan bimbingan agar informasi yang diperolehnya "terarah". Sebaiknya Anda mendiskusikan pandangan Anda terhadap masalah-masalah ini dengan anak Anda. Galilah informasi tentang opini mereka terhadap masalah-masalah tersebut. Bimbing anak Anda agar dapat berpikir kritis: dapat membedakan mana informasi yang baik, dan mana informasi yang kurang tepat. Apabila anak Anda memiliki gejala seperti:

    • selalu melanggar aturan
    • tidak dapat disiplin
    • memiliki kecenderungan untuk berkonflik dengan orang lain
    diskusikan masalah ini dengan guru atau psikolog untuk mendapatkan penanganan lanjutan. Semoga bermanfaat, dr. Sutandi