Tanya Dokter

  • Menstruasi tidak normal karena kontrasepsi

  •  Vhyvhy Emppy
    Anggota

    Slmt mlam,dok saya mau tanya dua bulan kemarin saya memakai KB suntik yang jangka waktu 1bulan ketika bulan kedpan nya saya niat berhenti stop namun kenapa pada saat saya mendapatkan menstruasi saya tidak terlalu baik seperti biasanya dan menstruasi itu berlanjut2 menjadi flek* darah namun blm berhenti smpai sekarang?? Tolong jelaskan dok apa penyebabnya dan apa pengobatan yang harus saya lakukan? Terimakasih dok.

    Hai, Keluhan yang Anda alami kemungkinan diakibatkan oleh efek samping penggunaan KB suntik, yaitu perdarahan serta menstruasi yang tidak lancar atau bahkan berhenti. Umumnya hal ini dapat diatasi dengan pemberian obat untuk menghentikan perdarahan yang diresepkan oleh dokter. Namun demikian perdarahan dapat pula disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyebab yang lain seperti:

    • Ketidakseimbangan hormonal
    • Fibroid uteri
    • Polip rahim
    • Kista ovarium
    • Endometriosis
    • Kanker rahim, serviks, atau ovarium
    • Gangguan tiroid
    • Kelainan pembekuan darah
    • dan sebagainya
    Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk menelusuri penyebabnya, seperti tes darah, USG, dan sebagainya. Penanganan yang tepat akan dapat diberikan sesuai kondisi yang mendasarinya. Jika penyebabnya adalah efek samping penggunaan KB, Anda dapat berdiskusi dengan dokter mengenai pilihan KB yang sesuai dengan kebutuhan dan nyaman bagi Anda. Baca laman artikel berikut ini: Mewaspadai menstruasi yang tidak normal Menstruasi berkepanjangan Menimbang kelebihan dan kekurangan KB suntik Memilih alat kontrasepsi Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman