Tanya Dokter

  • Batuk disertai pilek dan sesak nafas apakah asma?

  •  Dian Thea
    Anggota
    dok apa benar ya saya ini kena asma. saya sedang pilek batuk berdahak sesak nafas padahal udah dikasih obat kok saya kalau habis makan masih muntah saja. itu kenapa ya dok. setiap saya batuk diikuti dengan muntah. yang ingin saya tanyakan apa bener saya kena asma. dan kenapa saya selalu muntah ya dok. mohon jawabannya dok

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Asma merupakan suatu kondisi pada saluran pernafasan dimana terjadi suatu peradangan dan penyempitan saluran pernafasan sehingga membuat penderitanya merasa sesak atau kesulitan utnuk bernafas. Asma ini merupakan salah satu penyakit pada sistempernafasan yang sifatnya jangka panjang atau kronis. Sehingga jarang sekali terdeteksi secara mendadak.

    Untuk dapat mendiagnosa asma ini tentu saja memerlukan konsultasi secara langsung dengan dokter. Dokter akan menanyakan bagaimana perjalanan penyakitnya dan apakah terdapat riwayat alergi atau asma pada keluarga Anda. Selain itu dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan seperti pemeriksaan suara nafas Anda menggunakan stetoskop dan bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti spirometri atau Rontgen thorax bila dirasa perlu untuk menunjang diagnosa.

    Untuk muntah sendiri dapat diakibatkan dari usaha Anda untuk mengeluarkan dahak yang menyumbat pada saluran pernafasan Anda. Beberapa kondisi yang juga dapat menyebabkan keluhan seperti yang Anda rasakan antara lain:

    1. ISPA
    2. Bronkitis
    3. Pneumonia
    4. Faringitis
    5. Penyakit asam lambung

    Untuk sementara sambil menunggu Anda berkonsultasi secara langsung pada dokter, beberapa hal sederhana dapat membantu Anda untuk mengurangi keluhan tersebut, seperti:

    • Gunakan masker bila ingin berpergian keluar rumah
    • Hindari asap rokok, debu, dan bau yang terlalu tajam untuk menghindari tercetusnya asma
    • Perbanyak minum air putih hangat untuk meredakan rasa sesak dan mengencerkan dahak agar lebih mudah untuk dikeluarkan
    • Konsumsi obat untuk meredakan batuk berdahak yang dapat Anda beli di pasaran. Konsumsilah sesuai dengan anjuran pakai.
    • Makan teratur dengan makanan yang sehat dan bergizi

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati