Tanya Dokter

  • Menstruasi tidak normal merupakan efek samping KB yang tidak cocok?

  • assalamualaikum dok,dok mau tanya,3 sebelum nikah melakukan kb 1 bulan,setelah melakukan kb, menstruasi saya tidak n0rmal,belum waktunya hed,sudah hed lagi,apa itu éfek akibat dari kb tidak cocok?bgaimana cara mengatasinya,agar n0rmal kembali dan cepat punya anak?

    Halo,   Ya , itu bisa terjadi akibat penggunaan KB suntik yang Anda lakukan. Efek samping Kb suntik 1 bulanan memang bisa membuat sedikit flek/ spotting pada awal penggunaan. Biasanya siklus Anda akan kembali normal setelah beberapa saat (2-3 bulan penggunaan KB suntik). Biarkan tubuh Anda beradaptasi sehingga keluhan Anda akan mereda dengan sendirinya namun jika keluhan berlanjut maka segera hubungi dokter kandungan untuk memeriksa kondisi Anda dengan seksama. Jika Anda telah menghentikan penyuntikan KB untuk mendapatkan kehamilan maka tunggu beberapa saat sampai tubuh Anda membaik dan fungsi organ reproduksi berfungsi dengan sempurna seperti semula. Biasanya akan diperlukan waktu 2-3 bulan untuk mendapatkan siklus haid yang normal paska penyuntikan KB. Untuk mempercepat terjadinya kehamilan maka Anda bisa melakukan beberapa tips sederhana seperti :

    1. Ketahui masa subur Anda dan berhubungan saat masa subur.
    2. Perbanyak asupan vitamin E dan asam folat.
    3. Lakukan pola hidup sehat = tidak merokok. tidak minum bir, istirahat cukup, olahraga, makan gizi seimbang dll.
    4. Berpuasa berhubungan intim minimal 4 hari sebelum masa subur tiba agar kualitas sperma yang dihasilkan baik.
    5. Hindari stress.
    Jika > 1 tahun Anda masih belum bisa hamil maka segera hubungi dokter untuk pemeriksaan tes kesuburan Anda dan pasangan Anda. Baca topik Ingin cepat hamil. Semoga membantu.   dr. Yusi