Tanya Dokter

  • Cara pemakaian pil KB diane

  •  Yusuf aslam
    Anggota
    Slamat pagi dok.. Saya aisyah mau bertanya tentang cara pemakaian pil kb diane Sebelumnya saya pakai kb suntik 3bulan .pada tgl14 november ini seharusnya kembali lagi untuk suntik.. Tapi saya berniat mengganti dg kb diane Bagaimana cara meminumnya Terima kasih..😊

    Hai Aisyah. Terima kasih atas pertanyaan anda.

    KB merupakan suatu metode kontrasepsi yang bertujuan untuk mengatur jarak kelahiran ataupun jumlah kelahiran. KB suntik sendiri merupakan salah satu metode kontrasepsi hormonal yang disuntikkan ke dalam otot pada bagian tubuh tertentu. Pergantian kontrasepsi dari suntik KB ke pil KB dapat segera dilakukan bila akseptor telah berhenti menggunakan kontrasepsi injeksi, tanpa perlu menunggu haid. Perpindahan dari KB suntik ke pil KB sebaiknya dilakukan saat jadwal suntikan selanjutnya. Namun bila anda terlambat atau melewati jadwal anda dapat meminum pil KB kapanpun dan pastikan anda tidak sedang hamil.

    Pil KB diane merupakan pil KB hormonal yang mengandung hormon progestogen dan estrogen, sehingga bekerja mirip dengan kombinasi alat kontrasepsi oral, juga dikenal sebagai pil KB. Obat ini tidak boleh digunakan dalam kombinasi dengan alat kontrasepsi hormonal lainnya. Namun sebelum memulianya sebaiknya anda berdiskusi dengan dokter anda apakah kondisi anda memang diperbolehkan untuk meminum pil KB dan mengenai metode penggunaannya.

    Penggunaan pil KB ini sendiri yaitu :

    • Diminum pada hari pertama haid
    • Minum 1 tablet tiap hari pada jam yang sama
    • Setelah 21 hari pil habis, Anda dapat beristirahat minum pil selama 7 hari.
    • Apabila Anda lupa minum pil KB <12 jam, maka sebaiknya pil KB yang terlupa dapat diminum saat ingat, namun bila lupa minum > 12 jam maka pil KB yang terlupa tidak perlu diminum dan teruskan minum pul selanjutnya pada malam harinya.

    Semoga bemrnafaat.

    Salam, dr. Dian