Tanya Dokter

  • Kemungkinan hamil jika ejakulasi di dalam vagina

  • Dok Hari ini saya suntik Kb .. Saat Berhubungan,sPerma Masuk Dalam Vagina .. Apakah Akan hamil???

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Suntik KB merupakan salah satu metode pilihan dalam mencegah kehamilan. Tingkat efektivitasnya mencapai 99% bila digunakan dengan benar. Saat ini, di Indonesia beredar dua jenis suntik KB, yaitu suntik KB 1 bulan (berisi kombinasi hormon estrogen dan progesteron) dan suntik KB 3 bulan (hanya berisi hormon progesteron). Meskipun demikian, secara umum aturan memulai suntik KB tidaklah berbeda, yaitu:

    • Paling direkomendasikan penyuntikan pertama saat sedang menstruasi (hari ke-1 hingga hari ke-7). Suntik KB akan langsung efektif dalam mencegah kehamilan sehingga tidak diperlukan kontrasepsi tambahan
    • Bila penyuntikan pertama di luar masa mentruasi, langkah awal adalah memastikan bahwa Anda sedang tidak hamil. Setelah penyuntikan, dianjurkan menghindari hubungan seksual selama setidaknya 7 hari atau gunakanlah kontrasepsi tambahan sambil menunggu efek proteksi suntik KB dalam mencegah kehamilan

    Penyuntikan ulang dilakukan 1 bulan kemudian bagi suntik KB 1 bulan dan 3 bulan kemudian bagi suntik KB 3 bulan. Umumnya dokter atau petugas kesehatan lainnya akan memberitahu jadwal penyuntikan selanjutnya.

    Dengan demikian, bila pertanyaan yang Anda maksud di atas adalah baru saja melakukan suntik KB pertama di luar masa menstruasi yang disusul dengan hubungan seksual tanpa pengaman (kondom), maka kemungkinan hamil belum bisa disingkirkan. Bila terjadi keterlambatan haid, alangkah baiknya mendeteksi kehamilan dengan testpack.

    Demikian, semoga menambah wawasan ya

    dr. Lili