Tanya Dokter

  • Haid berkepanjangan setelah memakai KB

  •  Rasqavirendra
    Anggota
    Dok saya mau bertanya . Saya kan kb 3 bulan terus haid nya sampai 3 minggu lebih tapi gak selesai2 itu kenapa ya

    Halo Rasqavirendra,

    Salah satu efek samping dari KB suntik 3 bulan memang adalah perdarahan di luar siklus menstruasi, menstruasi memanjang, atau siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Suntik KB 3 bulan mengandung suatu hormon yang disebut progestin dan seperti alat kontrasepsi bersifat hormonal lainnya, pemberian KB suntik 3 bulan akan mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh, sehingga siklus menstruasi juga ikut mengalami perubahan. Namun demikian, selain dari KB suntik perlu juga dipikirkan kemungkinan lain yang menyebabkan menstruasi memanjang (lebih dari 7 hari) seperti kelelahan, faktor stres, adanya penyakit rahim misalnya endometriosis (pertumbuhan jaringan endometrium yang tidak normal), polip, mioma (tumor jinak di dinding rahim), adenomiosis (pertumbuhan jaringan endometrium ke dalam otot rahim), hingga keganasan (misalnya kanker serviks).

    Untuk saat ini kemungkinan besar penyebab menstruasi memanjang yang anda alami disebabkan oleh penggunaan kontrasepsi dan untuk sementara tidak membutuhkan penanganan khusus cukup diobservasi. Namun apabila perdarahan sampai menimbulkan gejala tanda-tanda kekurangan darah (seperti lemas, pucat) atau jika anda merasa terganggu dengan perdarahan ini, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk mengganti ke alat kontrasepsi non-hormonal (seperti IUD copper T) dan memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu penyebab yang mendasari agar dapat ditangani dengan lebih tepat.

    Beberapa anjuran yang dapat membantu:

    • istirahat dan tidur malam hari yang cukup
    • untuk sementara kurangi aktivitas yang terlalu berat
    • konsumsi makanan bergizi secara teratur dan minum air putih minimal 6-8 gelas per hari
    • olah raga seperti yoga, senam, jalan pagi bila menstruasi sudah berhenti
    • Kelola penyebab stres
    •  Jaga kebersihan alat kelamin

    Anda juga dapat membaca artikel terkait: kelebihan dan kekurangan suntik KBmemilih alat kontrasepsiwaspadai mestruasi yang tidak normal

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira