Tanya Dokter

  • Pemilihan KB

  •  maya_rafif
    Anggota
    Saya mau bertanya saya waktu tgl 15 september melahirkan di RS dengan cara sesar terus saya ingin kb kira-kira kb apa ya dok yang cocok buat saya

    Halo maya_rafif, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Paska melahirkan, bila anda menyusui bayi anda, anda dapat menggunakan berbagai jenis pilihan KB yang aman untuk ibu menyusui. Pilihan KB yang aman digunakan oleh ibu menyusui antara lain:

    1. Pil KB yang berisi sintetik hormon progesteron saja (atau yang disebut juga dengan minipil)
    2. KB susuk atau implant
    3. KB suntik 3 bulanan
    4. Alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR / IUD)
    5. Kondom dan diafragma
    6. Metode kalender (menghindari berhubungan di masa subur)
    7. Senggama terputus (mengeluarkan sperma di luar)
    8. Kontrasepsi mantap (tubektomi atau vasektomi) bila tidak menghendaki anak lagi

     

    Pilihan-pilihan di atas dapat anda sesuaikan dengan kenyamanan anda dan suami anda, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Menggunakan metode kalender dan senggama terputus lebih tidak direkomendasikan karena tingkat kegagalan yang cukup tinggi. Bila anda memilih menggunakan KB hormonal, pastikan anda tidak menggunakan pil kombinasi atau KB suntik 1 bulanan yang mengandung estrogen yang dapat mengganggu produksi ASI. KB hormonal lainnya yang tidak mengandung hormon estrogen, aman untuk digunakan ibu yang sedang menyusui dan tidak mengganggu produksi ASI.

    Sebaiknya diskusikan dengan bidan atau dokter kandungan anda untuk pemilihan alat kontrasepsi yang paling sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga (kenyamanan anda dan suami, perencanaan anak berikutnya, dan lain-lain). Pastikan anda mengetahui efek samping yang ditimbulkan setiap metode kontrasepsi tersebut sebelum memutuskan kontrasepsi mana yang hendak anda gunakan.

     

    Berikut ini artikel yang dapat anda baca terkait KB yang aman untuk ibu menyusui

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia