Tanya Dokter

  • Tidak Gemuk Saat Ikut KB

  •  anonymous
    Anggota

    assalamualaikum selamat malam dokter saya mau tanya tadi saya di kb suntik 3 bulan sempet searching di google katanya bakalan gemuk nah cara mencegah agar tidak gemuk gimana ? oiya dok cara mengatasi keputihan gimana ya ? soalnya saya bnyk keputihannya malahan sering terima kasih :)

    Halo, KB suntik 3 bulan merupakan salah satu kontrasepsi pilihan karena efektif dalam mencegah kehamilan. Efek samping yang dapat dijumpai adalah:

    • gangguan pada menstruasi, biasanya bersifat sementara dan dan sangat minimal mengakibatkan gangguan kesehatan
    • peningkatan berat badan, sakit kepala dan nyeri pada payudara merupakan efek lain yang dapat dikeluhkan, merupakan efek yang tidak berbahaya dan cepat hilang terlebih ketika pemakaian dihentikan
    Efek peningkatan berat badan tersebut tidak selalu terjadi pada setiap wanita pengguna KB suntik 3 bulan. Kenaikan yang terjadi sekitar 1-2 kg dapat saja terjadi, tetapi jika kenaikan berat badan berlebihan, metode KB suntik 3 bulan dapat diganti dengan metode lain setelah didiskusikan dengan dokter kandungan. Asupan makanan juga perlu diperhatikan agar tidak berlebihan saat terjadi kenaikan berat badan yang berlebihan. Untuk mengatasi keputihan, disesuaikan dengan penyebabnya. Keputihan dapat merupakan suatu kondisi normal (hamil, menyusui, ovulasi), dapat juga merupakan tanda adanya infeksi di vagina akibat jamur, bakteri maupun parasit. Penanganan disesuaikan dengan penyebab infeksi tersebut, misalnya obat antijamur, antibiotik dan antiparasit. Prinsipnya, keputihan yang berwarna kekuningan, putih kental disertai gatal, berwarna keabuan maupun kuning kehijauan atau berwarna coklat bercampur darah perlu dikonsultasikan ke dokter untuk dilakukan penanganan yang tepat. Anda dapat mulai mengubah pola hidup dengan:
    • menggunakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat, gunakan yang berbahan katun agar menyerap keringat
    • membilas vagina dari depan ke belakang
    • mengelola stres dengan baik
    • memiliki waktu istirahat yang cukup
    Artikel ini membahas lebih lengkap mengenai: Memilih alat kontrasepsi Keputihan Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar