Tanya Dokter

  • Apa saya masih bisa hamil lagi?

  • Siang dok saya mau tanya , saya kan baru 1 tahun cesar , tapi saya udh jarang KB trus kalo berhubungan intim bisa hamil lagii gk ?

    Halo,   Ya, Anda bisa hamil jika Anda berhubungan intim tanpa melakukan kontrasepsi apapun. Kehamilan akan terjadi jika Anda berhubungan intim dalam masa subur Anda dimana sel sperma bisa membuahi sel telur. Sel sperma sendiri bisa bertahan selama 3-5 hari dalam rahim seorang wanita. Jika Anda berniat untuk tidak merencanakan kehamilan karena riwayat operasi Anda yang baru 1 tahun maka sangat disarankan bagi Anda dan suami untuk melakukan metode kontrasepsi yang bisa mencegah kehamilan. Pemilihan metode kontrasepsi akan disesuaikan dengan kondisi Anda dan suami Anda. Beberapa metode kontrasepsi yang bisa Anda gunakan antara lain adalah :

    1. Pil KB = diminum di jam yang sama secara rutin setiap hari. Efektif untuk mencegah kehamilan namun membutuhkan konsistensi dan ketekunan yang cukup tinggi dari pengguna.
    2. Kondom = digunakan saat hendak berhubungan.
    3. KB suntik = dilakukan per siklus, ada yang 1 bulan dan 3 bulanan. Efektif mencegah kehamilan.
    4. Implan. = bisa bertahan 3 tahun.
    5. IUD.
    Jika Anda tidak bisa mengatur jadwal minum pil Kb maka akan lebih baik jika Anda memilih metode kontrasepsi suntik 3 bulanan atau implan dan IUD yang bisa bertahan selama 3 tahun penggunaan. Baca artikel proses pembuahan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Manda Zealotuoz  Manda Zealotuoz
    Anggota

    Kemarin saya suntik 1 bulan trus gk haid saya ganti pil kb , trus kalo saya mau suntik lagii gpp dok ?