Tanya Dokter

  • keputihan terus menerus disertai berat badan bertambah setelah KB IUD

  • Dok saya adalah ibu muda anak saya berusia 3th saat ini saya menggunakan kb IUD yang saya rasakan selama menggunakan IUD saya selalu keputihan dan itu tidak pernah berhenti... Apa itu berbahaya untuk kesehatan? ? Dan semenjak saya pakai IUD ini berat badan saya semakin lama semakin naik.. . Padahal dari dulu sampe nikah berat badan paling mentok 50 apa ini juga karena IUD... Apa kb yang paling cocok untuk saya , mohon penjelasannya dok

    Halo Qisya, IUD atau yang di masyarakat disebut spiral merupakan alat kontrasepsi yang sangat efektif dalam mencegah kehamilan, bersifat reversibel (kesuburan akan segera kembali setelah IUD dilepaskan), dan digunakan dalam jangka panjang. Alat ini berbentuk seperti huruf T yang dimasukkan ke dalam rahim. Secara umum, terdapat dua jenis IUD, yaitu :

    1. IUD tembaga - efektif hingga 10 tahun sejak pemasangan. Efek samping yang bisa ditimbulkan :
      • perubahan siklus haid - menjadi lebih lama dan banyak, perdarahan bercak/ spotting di antara siklus haid, nyeri haid
      • penyakit radang panggul - ditandai dengan nyeri di perut bagian bawah, nyeri saat BAK, nyeri saat berhubungan seksual, keputihan, perdarahan di antara siklus haid atau setelah hubungan seksual
    2. IUD hormonal - mengandung hormon progestin dan efektif dalam jangka waktu 3-5 tahun. Juga menimbulkan efek samping serupa dengan IUD tembaga. Di samping itu, karena kandungan hormonnya, berpotensi menimbulkan jerawat, sakit kepala, perubahan mood, dan nyeri payudara.
    Keputihan adalah salah satu keluhan yang sering ditemui dalam penggunaan IUD. Bila Anda mengalami hal ini, berkonsultasilah kembali ke dokter kandungan yang memasangkan IUD untuk Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan panggul, USG, dan tes sampel cairan vagina di laboratorium.
    • Jika dicurigai mengalami radang panggul akibat kuman gonokokus dan/atau klamidia, maka IUD direkomendasikan di lepas, selanjutnya dokter akan memberi pengobatan yang sesuai.
    • Jika radang panggul disebabkan oleh kuman yang lain, maka umumnya IUD tidak perlu dilepas dan cukup diobati dengan obat-obatan.
    Diskusikanlah dengan dokter kandungan mengenai langkah pengobatan serta alternatif kontrasepsi lain yang mungkin bagi Anda. Untuk menjarangkan kehamilan, kontrasepsi selain IUD yang mungkin menjadi pilihan adalah :
    • suntik KB
    • pil KB progestin
    • pil KB kombinasi
    • implan/ susuk
    Silahkan baca tentang memilih alat kontrasepsi Semoga bermanfaat dr.Lili