Tanya Dokter

  • Menstruasi tidak teratur setelah pakai KB implan

  •  Daffa Husna
    Anggota
    Pagi dok... Mau nanya berhubungan tentang kb impan kemaren dok..kb implan dengan jarak 3 thn yg saya pkai itu lma tidak mengalami mentruasi baru sekitar 8 lalu baru saya alami.sekarang kalau setelah berhubungan saya malah sering almi mentruasi dalam sebulan bisa 3/4 kali dengan jarak 5/4 hari Awal mens 1 kli sebulan setelah itu 2 kli sebulan dan seterusnya.apakah itu msi pengaruh kb implan? Mhon jwban nya dok..trimaksih.

    Halo Daffa, 

    KB implan adalah salah satu kontrasepsi hormonal yang efektif dan efisien karena efektivitasnya mencapai 99% dan penggunanya tidak perlu khawatir berulang kali ke fasilitas kesehatan karena bertahan 3 tahun tanpa perlu perawatan khusus. Seperti KB hormonal jenis lainnya (KB suntik dan pil), KB implan dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Menstruasi bisa tidak teratur, lebih banyak ataupun lebih sedikit dan keluar darah di luar menstruasi. Tidak semua wanita cocok dengan kontrasepsi jenis hormonal. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan efek samping yang timbul atau memiliki kontraindikasi (misalnya alergi, gangguan pembekuan darah, gangguan jantung dan pembuluh darah, tumor alat reproduksi, tumor payudara, dll) maka Anda bisa memilih untuk menggunakan kontrasepsi jenis lain. 

    Meski begitu, masih banyak penyebab menstruasi tidak teratur lainnya selain dari efek kontrasepsi hormonal. Penyebab menstruasi tidak teratur lainnya diantaranya adalah: 

    • Ketidakseimbangan hormon reproduksi
    • Stress
    • Penurunan berat badan yang drastis atau sebaliknya yaitu kegemukan/obesitas
    • Sindroma ovarium polikistik
    • Gangguan hormon tiroid
    • Gangguan organ reproduksi lainnya

     

    Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda disebabkan oleh KB implan atau bukan, Anda perlu konsultasi langsung dengan dokter kandungan. Dokter kandungan akan memeriksa Anda dengan tanya jawab, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti USG atau pemeriksaan lain yang terkait. Anda bisa mencatat siklus sebelum dan sesudah penggunaan KB implan dan menceritakannya pada dokter untuk membantu diagnosis. 

    Salam, 

    dr. Mega