Tanya Dokter

  • Keluar bercak darah dan gatal pada vagina setelah menggunakan kb implan

  •  Ahmad Firdy
    Anggota

    Pagi dok. Istri saya usia nya 23thn pasang KB implant setelah melahirkan 5bln pasca caesar.. Saya mau tanya dok kok setelah pemasangan kb dia tidak haid selama 3bln. Lalu bulan" berikutnya dia haid 1 bln full paling tidak haid nya hnya 3hri setelah itu berhubungan intim keluar bercak darah 1 hari saja selanjutnya keluar cairan putih seperti air dan itu membuat vagina nya gatal" sampai sakit saat kecing karna amat gatal dok ini berlangsung 4hri setelah itu haid lagi.. Ini rutin setiap bulan dok. Apa yg terjadi sama istri saya??? Adaikan harus diperiksa ke dokter spesialis apa?? Dan test apa yang harus dijalani???

    Halo, Kontrasepsi implan merupakan salah satu metode yang banyak dipilih oleh wanita karena memiliki efektivitas tinggi, tidak memengaruhi ASI maupun hubungan intim dan pelindungan jangka panjang 3 atau 5 tahun. Selain keuntungan tersebut, KB implan memiliki keterbatasan yaitu menyebabkan perubahan pola menstruasi, misalnya:

    • muncul flek perdarahan (spotting)
    • meningkatnya volume darah mens
    • amenore (tidak mendapat mens)
    Gangguan tersebut dapat berlangsung pada 6 bulan sampai setahun pertama setelah pemasangan implan/ susuk. Keluarnya lendir putih disertai rasa gatal mungkin dapat disebabkan oleh keputihan. Keputihan tersebut dapat disebabkan infeksi jamur, parasit maupun bakteri. Untuk memastikannya Anda dapat mengajaknya ke dokter spesialis kandungan. Dokter akan menanyakan riwayat gejala dan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan USG, urine rutin dan lendir vagina akan dilakukan jika perlu. Artikel yang dapat dibaca: KB implan Semoga membantu, dr.Miranti Iskandar