Tanya Dokter

  • Tidak pernah menstruasi setelah ikut KB suntik

  • dok saya kn ikut kb suntik yg 3 bln.tdk prnh mngalami menstruasi.ktanya darah kotor yg ada dlm tbuh kita akan naik ke kepala.mnyebabkan pusing,mata rabun,da mnyebabkn bnyak ny plek hitam di wajah krn drah ny tdk kluar,itu bner gk dok mhon pnjelasan nya terimakasih

    Hai, Belum ada penelitian yang memberikan hasil bahwa darah kotor akibat tidak menstruasi akan menyebabkan keluhan seperti yang Anda sebutkan. Jadi secara medis hal tersebut tidaklah benar. Namun efek KB memang bisa menyebabkan beberapa hal dibawah ini :

    1. Sakit kepala/ pusing
    2. Mual
    3. Rasa penuh pada payudara
    4. Kulit menjadi lebih halus
    5. Tidak datangnya siklus menstruasi
    6. vlek/ spotting
    7. melasma (flek hitam) akibat penggunaan pil KB
    8. dll
    Tapi semua efek diatas diakibatkan karena penggunaan KB itu sendiri bukan karena darah kotor yang naik kepala seperti yang Anda sebutkan. Jika Anda merasa penggunaan KB suntik kurang cocok dengan Anda maka sebaiknya Anda mengganti jenis KB Anda dengan yang lain.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi