Tanya Dokter

  • KB suntik 3 bulan

  •  Ei Edogawa
    Anggota

    Saya menggunakan kb suntik 3 bln selama 2th 5bln. Sekarang kulit tangan saya nampak sangat keriput. Apakah itu ada hubungannya dengan kb suntik yg saya gunakan? Usia saya saat ini 27th. Terima kasih. Deri

    Halo,   Efek samping KB suntik tidaklah berkaitan dengan keriputnya tangan Anda. Adapun beberapa efek samping KB suntik antara lain adalah :

    1. Penambahan berat badan.
    2. Jerawat
    3. Sakit kepala
    4. Amenore (tidak datangnya siklus menstruasi )
    5. Migrain
    6. Peningkatan risiko kanker payudara
    7. Peningkatan risiko tumor payudara
    8. Tekanan darah tinggi
    9. Meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis selama penggunaan suntik
    10. dll.
    Tangan yang keriput lebih sering disebabkan karena :
    1. Kondisi kulit yang kering
    2. Dehidrasi
    3. Kurangnya zat kolagen dalam kulit akibat usia
    4. Terpapar sinar matahari berlebihan
    5. Penuaan dini
    6. Sering terpapar bahan kimia
    7. Pola makan yang buruk = kurang vitamin, kurang buah dan sayur.
    8. dll.
    Untuk mengatasi kulit keriput Anda, Anda bisa melakukan :
    1. Gunakan pelembab khusus tangan (hand cream) sesering mungkin terutama jika Anda sering terekspose AC dan matahari.
    2. Banyak makan sayur dan buah yan gkaya akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas = kiwi, jeruk, wortel, berry, dll.
    3. Cuci tangan dengan sabun yang lembut dan tidak membuat kering.
    4. Hentikan penggunaan bahan beralkohol untuk cuci tangan.
    5. Gunakan sarung tangan jika Anda banyak beraktivitas di luar rumah.
    6. Banyak minum air putih.
    Jika keriput yang Anda keluhkan sangat mengganggu Anda bisa menghubungi dokter kulit untuk melakukan tindakan seperti laser, mikrodermabrasi, dll untuk mengembalikan kulit sehat tangan Anda.   Semoga membantu.   Dr. Yusi