Tanya Dokter

  • Perubahan wara pada darah menstruasi setelah pakai KB implant

  • sore dok saya memakai kb imlan mau jlan 3 tahu tpi mau tinggal 2 bulan lagi haid saya hitam kecoklatan dan tidak banyak dan lama hilang nya mengapa ya dok

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Kemungkinan penyebab keluhan yang anda alami yakni gangguan haid karena penggunaan kontrasepsi berbasis hormon dalam kasus anda yakni KB implan.

    Beberapa penyebab gangguan haid yakni :

    -Ketidakseimbangan hormon reproduksi

    -Tingkat Stress tinggi

    -Pola hidup yang tidak sehat (sering konsumsi junkfood, kurang istirahat, merokok)

    -Aktifitas fisik berat / kelelahan

    -Pengunaan kontrasepsi berbasis hormon berupa pil KB ,suntikan KB, maupun KB implan

    -Penyakit pada organ reproduksi misalnya kista ovarium, mioma, Polikistik Ovarium, dan lainnya

     

    Saya sarankan sebaiknya anda dengan dokter spesialis kandungan apabila keluhan dialami terus menerus . Dokter akan memeriksa anda secara langsung dan mungkin akan melakukan pemeriksaan kadar hormon dan USG perut untuk menilai penyebab keluhan yang anda alami. 

    Apabila dari hasil pemeriksaan keluhan yang anda alami memang disebabkan oleh KB implan yang hampir mencapai batas waktu pemakaian (3tahun), maka kemungkinan dokter akan menyarankan untuk menggan KB implan anda dengan yang baru.

     

    Anjuran yang dapat anda lakukan dirumah :

    -Kelola stress dengan baik. Stress bisa jadi pemicu ketidakseimbangan hormon.

    -Makan sehat dan bergizi

    -Hindari konsumsi junkfood

    -Hindari konsumsi alkohol dan rokok

    -Minum air minimal 3liter/hari

    -Beristirahat cukup minimal 6 jam/hari

     

    Berikut artikel terkait KB implan

     

    Semoga bemanfaat

    Salam, dr. Natalia