Tanya Dokter

  • tetap haid setelah pakai KB suntik

  •  Chelsea
    Anggota

    Dok saya baru melahirkan,saya pilih kb suntik 3bln khusus ibu menyusui,,katanya kalau kb suntik tidak haid,tapi saya haid dan haidnya banyak seperti biasa dulu sblm melahirkan,,kenapa ya dok? Ap kb,nya nda cocok??apa kalau saya tetap berhubungan dgn suami nda papa dok?ndak hamil agi?makasih dok

    Halo,

    Keunggulan jenis kontrasepsi KB suntik 3 bln yang Anda gunakan adalah tidak menekan produksi ASI sehingga aman digunakan pada periode menyusui. Namun reaksi akseptor KB yang satu dan yang lain terhadap satu jenis metode kontrasepsi dapat saja berbeda. Gejala yang umumnya muncul pada pemakai KB suntik 3 bulan adalah perubahan pada siklus haid namun tidak semua pengguna KB suntik 3 bulan mengalami gejala yang sama. Apabila Anda "haid seperti biasa" bukan berarti Anda tidak cocok dengan jenis KB tersebut. Siklus haid yang normal berkisar antara 21-35 hari sehingga apabila siklus haid Anda tetap normal setelah menggunakan kontrasepsi jenis ini seharusnya tidak ada masalah apabila ingin terus menggunakannya. Namun apabila Anda mengalami siklus haid yang tidak normal sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk memastikan apakah disebabkan oleh metode kontrasepsi tersebut ataukah terdapat kondisi medis lain yang memerlukan penanganan khusus. Info mengenai siklus haid yang tidak normal dapat dibaca di sini .

    Walaupun tingkat efektivitas KB jenis ini cukup tinggi namun perlu diingat bahwa KB jenis suntik 3 bulan tidak menjamin seratus persen Anda tidak akan hamil lagi apabila berhubungan intim dengan suami Anda. Apabila Anda khawatir terjadi kehamilan dapat digunakan kontrasepsi jenis lain sebagai lini kedua untuk membantu memperkecil peluang terjadinya kehamilan di samping dengan tetap menggunakan jenis metode kontrasepsi KB suntik 3 bulan tersebut misalnya dengan kondom/sistem kalender,dll.  Selain itu apabila Anda memilih untuk terus menggunakan kontrasepsi jenis KB suntik 3 bulan perlu diingat untuk rutin menyuntik KB sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

    Artikel yang mengulas tentang metode kontrasepsi dapat Anda baca di bawah ini :

    Metode Kontrasepsi

     

    Semoga bermanfaat,

    dr.Debby Phanggestu