Tanya Dokter

  • Kebersihan bayi

  •  Ekarra
    Anggota
    Siang dok.. saya mau nanya, kan sy punya bayi umur 2 bulan, setiap hari sesudah mandi sy bersihkan hidung dan telinganya dg cotton bad, terkadang ketika bayinya berontak cotton bad nya masuk lumayan dlm ke hidung anak sy. Apakah nantinya akan ada masalah dipangkal hidung anak sy dok kalo setiap hari sy bersihkan? Terimakasih ats ketersediaan wktu dokter utk mjwb..

    Halo,

     

    Membersihkan bayi memang sebaiknya dilakukan dengan berhati hati. Melakukan pembersihan rongga hidung dan kuping setiap hari sesudah mandi boleh Anda lakukan selama Anda melakukan dengan baik dan benar.

    Untuk mencegah cotton bud masuk terlalu dalam maka pastikan melakukan pembersihan saat bayi Anda tenang, pegang cotton bud dengan jarak +- 1 atau 2 cm dari pangkal yang akan dimasukkan  (bukan diujungnya) untuk memastikan agar cotton bud tidak masuk terlalu dalam walaupun bayi meronta. Sebaiknya jika bayi Anda mulai meronta maka segera keluarkan cotton bud. Hindari memaksa yang justru bisa melukai bayi Anda nantinya.

    Pembersihan rongga hidung pun bisa dilakukan di bagian cuping saja dengan tissue basah, saat melakulan pembersihan telinga Anda perlu lebih berhati hati lagi karena jika masuk terlalu dalam bisa melukai  gendang telinga bayi Anda.

    Minta bantuan orang lain untuk membantu memegang bayi Anda saat Anda sedang membersihkan hidung dan telinga bayi. Buatlah kondisi senyaman mungkin dengan menyanyikan lagu yang disukai bayi, sesudah anak merasa nyaman dan hangat, sedang tidur juga bisa agar bisa dipastikan bahwa anak Anda tidak akan memberontak

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi