Tanya Dokter

  • Kecanduan obat-obatan terlarang

  • Assalamualaikum dok. Saya mau nanya' bagaimana cara menghilangkan kecanduan obat2tan terlarang???

    Hai Penanganan pecandu obat terlarang atau narkotik terdiri dari beberapa langkah, antara lain;

    1. Tahap rehabilitasi medik (detoksifikasi). Disini si pecandu akan diperiksa secara lengkap kesehatannya baik fisik dan mental oleh dokter yang telah terlatih, selain itu dilakukan pemeriksaan zat apa yang menyebabkan kecanduan lalu akan dihentikan zat terlarang tersebut dan dlihat berapa berat gejala putus zat yang terjadi, dari situ dokter akan menentukan dosis serta zat apa yang diberikan sebagai substitusi/pengganti zat terlarang tersebut agar menghindari gejala putus obat.
    2. Tahap rehabilitasi non medis, misal pembinaan lembaga dibawah nauangan BNN seperti di Lido. Di sini akan diterapi mengenai hubungan sosial, komunitas, keagamaan dan sebagainya untuk dapat melupakan narkotik.
    3. Tahap bina lanjut (after care). Disini akan dibina mengenai aktivitas dan kegiatan sehari-hari sesuai dengan minat, agar pecandu yang telah sembuh dapat masuk kembali ke aktivitas sehari-hari dan ke dalam masyarakat. Perlu diperhatikan untuk menjauhi pergaulan atau sumber yang dapat kembalinya terjerumus pada penggunaan narkotik.
    Informasi terkait secara lengkap dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Tahapan rehabilitasi. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william