Tanya Dokter

  • Rasa tidak nyaman dan mata merah saat memakai lensa kontak

  •  Relina07
    Anggota
    Dok, saya mau nnya Apakah ada mata manusia yang tidak bisa menggunakan lensa kontak? Jika dia menggunakan lensa kontak seperti ada yang mengganjal di mata dan rasa tidak enak setelah tetap di paksa pakai malahan mata menjadi merah

    Hai Relina,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Ya, penggunaan lensa kontak dapat menimbulkan reaksi yang berbeda pada tiap individu. Keluhan berupa rasa mengganjal pada mata, rasa tidak nyaman pada mata, bahkan mata menjadi merah saat menggunakan lensa kontak dapat disebabkan oleh reaksi alergi, bisa alergi terhadap komponen lensa kontak ataupun cairan pembersihnya. Kemungkinan lain yang menjadi penyebab keluhan Kamu dapat berupa iritasi, lensa kontak yang kotor, pemasangan terbalik, lensa kontak yang sudah kadaluarwa, dan penyebab lainnya. Upaya awal yang perlu dilakukan sementara ini adalah segera melepas lensa kontak, dan periksakan diri ke Dokter. Sehingga Dokter dapat melakukan evaluasi penyebab dasar keluhan mata terasa tidak nyaman dan merah. Selain terjadinya alergi ataupun iritasi, terdapat kemungkinan lainnya yaitu:

    Penanganan setiap kondisi di atas dapat berbeda, oleh karena itu pemeriksaan langsung oleh Dokter sangat diperlukan. Hindari mengucek ataupun menyentuh daerah mata, selalu jaga kebersihan mata (bila perlu gunakan kaca mata agar terhindar dari paparan debu), sering mencuci tangan dengan sabun merupakan upaya lain yang perlu dilakukan saat ini.

    Sekian semoga jelas ya.

    dr. Annes