Tanya Dokter

  • Penyebab penderita diabetes sering merasa kedinginan

  •  febriani mbu
    Anggota
    Pagi dokter. Ibu saya umur 45thn menderita diabetes 3thn, belakangan beliau sering kedingingan. Periksa ke dokter katanya kecapekan, padahal kedinginan ini sering muncul tanpa sebab, bisa muncul setelah beraktifitas, kadang muncul ketika beliau sedang tidak melakukan aktifitas apa apa di siang hari panas. Apakah ini dampak dr penyakit diabetes? Lalu bagaimana mengatasinya? Terimakasih.

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Diabetes mellitus merupakan suatu kondisi dimana tingginya kadar gula dalam darah akibat kurangnya produksi insulin atau resistensi insulin. Pada seseorang dengan penyakit diabetes tentu akan terjadi berbagai komplikasi. Beberapa komplikasi yang mungkin muncul akibat penyakit ini adalah:

    1. Kerusakan pembuluh darah
    2. Kerusakan saraf
    3. Penurunan daya tahan tubuh
    4. Penurunan dari berat badan

    Untuk rasa kedinginan yang terjadi pada penderita diabetes, kemungkinan disebabkan oleh adanya gangguan pada thermoregulasi tubuh. Thermoregulasi merupakan suatu kemampuan otak untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan suhu lingkungan sekitarnya agar metabolisme dapat berjalan dengan baik. Tubuh memiliki suhu inti sekitar 37 derajat celcius. Sebagai respons normal, bila tubuh terpapar dengan udara yang panas, maka aliran darah akan meningkat dan timbul respon berkeringat, sementara pada paparan dingin, tubuh akan meningkatkan metabolisme untuk menghasilkan panas dan mengurangi aliran darah untuk mengisolasi panas di dalam tubuh.

    Pada seseorang dengan penyakit diabetes mellitus terjadi gangguan pada pembuluh darah (baik pembuluh darah besar atau kecil) sehingga terjadilah kekacauan pada kedua mekanisme tersebut. Jadi kemungkinan untuk merasa kedinginan walaupun berada di suatu lingkungan yang cukup hangat itu bisa saja terjadi. Namun hal ini masih dalam proses penelitian lebih lanjut.

    Selain akibat adanya gangguan dari thermoregulasi tersebut, kita juga tidak boleh melupakan kemungkinan adanya infeksi. Infeksi virus atau bakteri juga dapat menimbulkan demam dan hal itu membuat tubuh merasa kedinginan karena adanya zat radang yang mengakibatkan peningkatan suhu dasar tubuh kita. Jadi bila memang timbul keluhan lain selama periode waktu tertentu, sebaiknya berkonsultasilah secara langsung dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang sekiranya diperlukan.

    Sebagai penanganannya, beberapa hal yang dapat anda lakukan adalah:

    1. Senantiasa mengkontrol kadar gula darah ibu Anda setiap bulannya. Karena kadar gula darah yang tidak terkontrol akan memperburuk keluhan tersebut
    2. Hangatkan tubuh ibu Anda dengan selimut atau pakaian yang cukup tebal bila memang rasa dingin tidak tertahankan
    3. Konsumsi minuman hangat
    4. Kontrol kepada dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui kondisi ibu Anda saat ini
    5. Lakukanlah olahraga ringan namun berkelanjutan untuk membantu mengontrol kadar gula darah

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati