Tanya Dokter

  • Kedua kaki sakit di tulang kering

  •  Fajar Aab
    Anggota

    Dokter, seminggu ini kaki saya di tulang kering bawah sering pegal"..sakit sampai saya terbangun dr tdr krn harus memijatnya atau memberi koyo..tp anehnya pegal ini hanya berlangsung saat tengah mlm sampai dini hari..knp ya dok..? apa yg perlu saya periksa kan..??

    Hai, Tulang kering di dunia medis dikenal dengan nama tulang tibia. Tibia merupakan salah satu tulang yang berfungsi menahan beban tubuh. Banyak hal yang dapat menyebabkan rasa sakit pada daerah sekitar tulang ini, diantaranya :

    1. tibial stress syndrome (shin splints) - terjadi cedera akibat penggunaan yang terlalu berat dan berulang dari daerah tulang kering.
    2. stress fraktur - patah tulang akibat tekanan dari beban yang berat.
    3. sindroma kompartemen - kondisi dimana tekanan diantara ruang-ruang otot meningkat.
    4. tendinitis - radang pada tendon
    5. paget's disesase - peningkatan siklus penghancuran dan pembentukan tulang
    6. kanker tulang
    7. dan lainnya
    Setiap penyebab memiliki gejala yang khas pada nyeri yang ditimbulkan. Oleh karena itu untuk menentukan dengan pasti apakah yang menjadi dasar dari keluhan yang Anda alami, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter atau dokter spesialis orthopaedi. Dokter butuh untuk menanyakan lebih rinci mengenai riwayat timbulnya keluhan, melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti lab darah, x-ray, CT scan, dan MRI. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah :
    • banyak istirahat
    • untuk sementara hindari mengangkat benda yang terlalu berat
    • jika sakit tak tertahankan dapat konsumsi obat pereda rasa nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol
      Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari