Tanya Dokter

  • Ciri-ciri terjadi keguguran

  •  Athaa
    Anggota
    Malam Dok, mau tanya Saya sempet hamil, bulan september kmren sy keguguran, tpi cuma 3hari aja pndarahan ny.. Dan sampai sekarang sy belun dtg bulan juga,, apa sy masih hamil ya bunda..?? Hasil test seminggu setelah keguguran negatif.. Takut ny klo sy masih hamil lahir ny cacat bunda.. Gejala yg sy alamin juga aneh gak biasanya sy anti bau rokok.. Biasanya dekat org perokok sy gpp.. Tp skrng bau asap rokok sy mual sok.. Apa sy masih hamil yaa?? Tp sy keguguran wktu itu cuma 3hari dan sy test seminggu stlh kguguran hsil ny negatif..

    Halo Athaa, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Keguguran atau yang disebut juga abortus spontan adalah kegagalan kehamilan dalam rahim yang terjadi sebelum usia kehamilan 20 minggu. Sebagian besar abortus spontan terjadi karena adanya kelainan pada hasil pembuahan yang terbentuk. Beberapa gejala dari abortus spontan antara lain:

    1. Terjadi perdarahan dari vagina, biasanya dalam jumlah banyak dan bergumpal
    2. Terdapat gumpalan jaringan kehamilan yang keluar dari vagina. Gumpalan jaringan perlu dibedakan dari gumpalan darah. Gumpalan jaringan kehamilan ini biasanya berwarna abu-abu gelap dan teraba padat, tidak seperti gumpalan darah yang mudah hancur bila ditekan.
    3. Nyeri atau kram pada perut bagian bawah, biasanya nyeri lebih kuat daripada nyeri menstruasi

     

    Sebelum menjawab pertanyaan anda, saya hendak mengkonfirmasi beberapa hal terlebih dahulu:

    1. Apakah anda sudah memastikan terjadinya kehamilan dengan pemeriksaan test pack sebelumnya?
    2. Apakah anda sudah memastikan terjadinya keguguran dengan pemeriksaan USG di dokter kandungan atau bidan? Atau hanya dari gejala perdarahan 3 hari saja?

     

    Bila hasil pemeriksaan kehamilan anda menunjukkan hasil negatif, berarti kemungkinan besar anda tidak sedang hamil saat ini. Untuk memastikannya, anda dapat mengulang pemeriksaan test pack kembali, dan bila hasilnya tetap negatif, berarti anda tidak sedang hamil dan anda belum mengalami menstruasi kemungkinan disebabkan hal lainnya. Penyebab lain anda belum mengalami menstruasi hingga saat ini bisa bermacam-macam:

    1. Kondisi hormonal anda yang belum stabil paska keguguran. Paska keguguran, siklus menstruasi bisa kembali secepatnya 4 minggu setelah keguguran, namun bisa juga lebih dari itu. Menstruasi yang terjadi biasanya berbeda dari menstruasi sebelum kehamilan terjadi karena biasanya siklusnya belum teratur, lamanya siklus bisa jadi hanya sebentar atau bisa juga lebih lama, dan darah yang keluar bisa jadi hanya sedikit atau bisa juga banyak. 
    2. Stress yang sedang tinggi
    3. Penggunaan kontrasepsi hormonal dan obat-obatan tertentu
    4. Gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia, penurunan berat badan yang berlebihan, dan olah raga yang berlebihan
    5. Penyakit tertentu seperti kelebihan atau kekurangan hormon tiroid, diabetes, sindrom polikistik ovarium (PCOS)
    6. Menopause dini (premature ovarian failure)
    7. Gangguan pada rahim seperti pada Asherman's syndrome
    8. Kanker tertentu yang menyebabkan gangguan hormonal

     

    Bila setelah 3 bulan anda belum juga mengalami menstruasi, ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter kandungan atau bidan anda untuk dicari tahu penyebab pasti anda belum mengalami menstruasi. Dokter akan menanyakan mengenai riwayat menstruasi anda secara lebih dalam, gejala lain yang anda rasakan, riwayat hubungan seksual, riwayat penyakit yang pernah di derita, dan lain-lain. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan penunjang yang mungkin dilakukan antara lain USG, pemeriksaan kadar hormon, atau pemeriksaan lainnya yang diperlukan. 

    Sementara itu beberapa hal yang dapat anda lakukan antara lain:

    1. Cobalah untuk lebih rileks dan mengurangi stress bila saat ini anda sedang mengalami stress
    2. Makan makanan yang bergizi seimbang dalam jumlah yang cukup
    3. Menjaga berat badan yang ideal
    4. Olah raga cukup dan teratur
    5. Istirahat dan tidur yang cukup

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia