Tanya Dokter

  • Penanganan untuk keguguran

  •  ekaristy
    Anggota
    Dok, tdi sore saya keguguran, tapi msh ada yg jaringan yang tertinggal/nyangkut di vagina. Apa itu akan keluar sendiri? Kalo untuk kuretase saya blm punya uang.

    Halo,

    Keguguran merupakan peristiwa keluarnya embrio secara spontan sebelum usia kehamilan 20 minggu. Penyebab keguguran tidak diketahui secara pasti, namun diduga terjadi kelainan kromosom yang menyebabkan embrio tidak bertahan. Gejala keguguran adalah kram hebat di perut bagian bawah dan disertai dengan perdarahan. Setelah keguguran, tanda-tanda kehamilan akan menghilang. Keguguran secara alamiah terjadi selama 1 sampai 2 minggu dan peluruhan jaringan penebalan dinding rahim dan embrio akan keluar dengan sendirinya.

    Penanganan keguguran tidak selalu dengan kuretase, pemberian obat juga dapat dilakukan untuk mempercepat proses peluruhan jaringan.

    Keguguran dapat mengalami komplikasi salahsatunya penjalaran infeksi ke dalam rongga perut. Kondisi infeksi rahim dan perut biasanya disertai keluhan demam, keputihan berbau busuk dan sakit perut yang hebat. Secara umum, bila tidak ada gejala yang Kami sebutkan di atas, proses pemulihan paska keguguran mungkin tidak bermasalah. Namun sebaiknya pastikan kondisi yang Anda alami benar merupakan proses keguguran, dengan berkonsultasi kepada Bidan/Dokter. Dokter akan melakukan tanya jawab medis yang detail, pemeriksaan fisik yang menyeluruh terutama pemeriksaan perut dan kondisi rahim. Bila diperlukan Dokter akan melakukan USG perut untuk melihat kondisi rahim.

    Baca di sini tentang Keguguran.

    Hal-hal  yang dapat Anda lakukan di rumah selama proses keguguran, sebagai berikut :

    • Gantilah pembalut secara teratur setiap maksimal 3 jam sekali.
    • Menjaga kebersihan daerah kewanitaan dengan membasuh menggunakan air mengalir dan sabun yang lembut. Basuh dari arah lubang urine (depan) ke arah vagina (belakang) kemudian bokong. Hindari terlalu sering menggunakan sabun untuk membersihkan vagina karena akan menimbulkan iritasi pada vagina, sebaiknya lakukan penyabunan vagina tidak lebih dari dua kali dalam sehari. Keringkan dengan handuk/kain bersih area vagina dan selangkangan.
    • Menggunakan pakaian dalam yang menyerap keringat dan lembut. Gantilah pakaian dalam secara teratur untuk menjaga agar daerah selangkangan tetap kering dan bersih.
    • Lakukan  Pola Hidup Sehat dengan makan makanan Bergizi SeimbangBerolahraga secara teratur, mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup, beristirahat dengan cukup di malam hari (minimal 7 jam) dan mengelola stress dengan bijaksana.  Kondisi tubuh yang sehat dapat mendukung proses kesembuhan paska keguguran.

     

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

     

    Salam sehat, Dr. Caecilia Haryu Aryapti.