Tanya Dokter

  • Penanganan keguguran selain kuretase

  •  Vitadewi
    Anggota
    Dok saya mau bertanya sya kegguran tadi pagi tapi darah blom maksmal kluar apa bisa tnpa hrus di kuret karna saya takut apa ada jalan klur laib nya dok tnpa harus di kuren dan apa nam obat nya

    Hai Vitadewi.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan

    Keguguran merupakan keadaan dimana hasil konsepsi/ janin keluar dari rahim pada usia kehamilan kurang dari 20 minggu, dan beratnya kurang dari 500 mg. Ada beberapa jenis abortus:

    • Abortus ancaman/ imminens (biasanya hanya ditandai dengan bercak- bercak darah, janin tidak keluar)
    • Abortus insipien
    • Abortus inkomplit (terasa nyeri, keluar hasil konsepsi sebagian)
    • Abortus Komplit (hasil konsepsi telah keluar seluruhnya)
    • Abortus habitualis (keguguran yang terjadi 3x atau lebih berturut- turut)

    Untuk mengetahui apakah janin sudah keluar seluruhnya maka anda perlu memeriksakan diri ke dokter kandungan, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, USG, mendengar masih adakah detak jantung janin. Dari sana dapat diketahui apakah jenis abortus/ keguguran yang anda alami. Jika masih ada sisa dalam rahim maka umumnya akan dilakukan kuretase untuk membersihkan bagian dlam rahim, karena sisa janin yang tertinggal dapat menjadi sumber infeksi bagi tubuh ibu. Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan kuretase karena tindakan ini merupakan tindakan operasi kecil, akan diberi obat bius/ anti nyeri, dan hanya memerlukan waktu singkat, dan tentunya dilakukan dokter atas pertimbangan kesehatan ibu. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan ialah: bila terjadi perdarahan yang banyak, disertai nyeri, disertai demam, tubuh menjadi lemas dan pusing karena perdarahan. 

    Baca: Tanda- tanda keguguran

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti