Tanya Dokter

  • Berhubungan intim setelah keguguran

  •  Agus Bastian
    Anggota

    dok

    saya mau tanya istri saya habis keguguran tanggal 29 september kemarin dan ini sudah 2 minggu habis keguguran masih keluar darah sedikit dan kemarin saya ada berhubungan intim tanpa pakai kondom.

    pertanyaan saya apa kah bisa hamil walaupun masih masa keguguran dan masih keluar darah sedikit?

    dan kalau hamil apakah tidak apaa ?karena masih dalam masa keguguran dan masih keluar darah sedikt.dan gimana baiknya dok?

    terima kasih

     

    Hai Agus Bila baru saja keguguran sekitar 2 minggu, hormon dalam tubuh belum seimbang dimana kadar hormon HCg yang masih tinggi dapat ditandai dengan pemeriksaan test pack yang masih positif walaupun sudah terjadi keguguran, ini dapat bertahan sampai beberapa minggu. Selain itu kadar hormon estrogen dan progesteron pun belum stabil. Kehamilan dapat terjadi pada saat kondisi rahim dalam masa subur dengan keadaan hormon yang seimbang. Pada saat baru keguguran, sangat kecil kemungkinan untuk langsung hamil. Kemungkinan istri Anda untuk hamil lagi setelah dimulai masa menstruasi baru, dimana menunjukan telah terjadi pelepasan sel telur dari ovarium (indung telur). Bila dicurigai tanda keguguran, seperti keluarnya darah bergumpal dan mulas, maka perlu dipastikan bagaimana kondisi janin apakah masih dapat dipertahankan dan bila memang ternyata terjadi keguguran, apakah janin keluar seluruhnya dari dalam rahim atau masih tersisa sebagian. Untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan USG. Bila masih ada sisa sebagian atau seluruh janin maka perlu dilakukan tindakan pemberian obat untuk melebarkan leher rahim sehingga jaringan janin tersebut dapat keluar dari rahim, bila tidak berhasil maka dipertimbangkan untuk dilakukan kuret untuk mengeluarkannya, karena bila janin yang telah gugur tersebut tidak dikeluarkan dapat menyebabkan perdarahan dari rahim terus menerus. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Keguguran. Waspadai tanda-tanda keguguran. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william  

    Agus Bastian  Agus Bastian
    Anggota

    makasih dok , kemarin saya periksakan dan cek usg dok dan ternyata masih ada sisa gumpalan darah dirahim istri saya dan harus dikuret,untuk penanganan setelah kuret gmna dok?ada larangan nya gak dok?                                                  

    Hai Setelah proses kuret umumnya Anda akan mengalami perdarahan selama 1-2 minggu yang berangsur berkurang, untuk itu dianjurkan untuk menggunakan pembalut dan menunda berhubungan intim selama darah masih keluar. Bila darah sudah berhenti Anda dapat mulai berhubungan intim namun sebaiknya dengan kontrasepsi untuk menunda kehamilan minimal 3 bulan setelah kuret untuk memulihkan rahim terlebih dahulu. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Pahami ini dulu sebelum kuret. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Agus Bastian  Maxbubie Mj
    Anggota

    permisi dok.william, saya mau menanyakan kasus ini dok. istri saya habis keguguran 1bulan tanpa sadar bahwa dirinya sedang hamil. keguguran menurun nya saya karna dia kerja terus menerus dan banyak berfikir. dia ga mau di kuret dok. dia takut krna dia takut vaginanya bertambah lebar dok. apakah bener begitu?, 4hari ini dia masih merasa kram dan mengeluarkan darah berwarna kecoklatan dok. apakah hal seperti itu hal wajar bagi wanita pasca keguguran dok ??, mohon balasan nya dok.