Tanya Dokter

  • Keguguran sisa konsepsi

  •  indahpst
    Anggota
    Dok saya sudah keguguran dari tgl 15 oktober lalu, kemudian saya msh pendarahan hinggal tgl 7 november krn curiga saya usg dan mah ada sisa konsepsi sekitar 1,3cm dan katanya pendarahan saya tidak akuf. Tp stlh itu saya diksh gastrul untuk diminum 3x1 dalam 3 hari tp pendarahan blm terlalu banyak saya minum dr tgl 8 hingga hari ke 4 baru keluar jaringan padat berukuran sama kurang lebih 1,3cm dan beberapa gumpalan darah kecil dan pendarahan terus keluar bnyk stiap saya BAK. Ini sudah tgl 12 pendarahan memang sudah berkurang tp terkadang msh suka ada darah stiap BAK dari saluran keluar janin. Itu kenapa ya dok? Kira2 pendarahan bisa berhenti brp lama setelah minum obat?
    indahpst  Indah Dwi
    Anggota
    Maaf mba ikt blaas Cmn mw tanya emba kguguran ya knpa Atw sblmnya mwngkonsumsi obatcytocyte kh..
    indahpst  Indah Dwi
    Anggota
    Maaf mba ikt blaas Cmn mw tanya emba kguguran ya knpa Atw sblmnya mwngkonsumsi obatcytocyte kh..
    indahpst  Indah Dwi
    Anggota
    Truz obat gastrul pas mba minum ad efek smping yakh Mf klw bolh tau usia kndngn brp buln k gugurn
    indahpst  indahpst
    Anggota
    Saya keguguran spontan mba kira2 kandungannya 6 minggu saat keguguran dan pertama kali keguguran saya sudah keluar jaringannya tp trnyt masih sisa makanya diksh dokter gastrul. Efek sampingnya perut jd kontraksi dan pendarahan lebih dr menstruasi sih

    Halo,

    Keguguran adalah meninggalnya jembrio/anin di bawah usia kehamilan 20 minggu. Gejala keguguran sesuai dengan yang Anda alami, yaitu nyeri perut bagian bawah, menghilangnya tanda-tanda kehamilan secara drastis, dan flek perdarahan. Keguguran pada usia kehamilan yang sangat muda, sering disebabkan adanya cacat genetik pada embrio/janin yang menyebabkan Ia tidak dapat berkembang dan bertahan. Keguguran juga dapat dipicu oleh beberapa hal seperti kondisi kesehatan Ibu yang buruk, usia terlalu muda/terlalu tua ketika hamil, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, merokok/minum alkohol saat hamil, infeksi organ reproduksi yang tidak tertangani dengan baik.

    Secara alamiah, bila Anda mengalami keguguran, tubuh akan dengan sendirinya mengeluarkan janin dan luruhan penebalan dinding rahim sampai bersih dan tidak memberikan sisa/kelainan di rahim yang dapat terlihat dengan USG. Proses keguguran secara alamiah biasa memakan waktu 1 sampai 2 minggu. Kelainan/masalah pada rahim mungkin terjadi bila ada komplikasi saat proses keguguran yang dapat menyebabkan kondisi perdarahan memanjang. Namun selama Anda di bawah pengawasan Dokter dan Dokter menyatakan kondisi Anda masih baik, sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir. Komplikasi dari kondisi perdarahan akibat keguguran yang memanjang adalah anemia. Perhatikan gejala anemia yang mungkin Anda rasakan. Bila muncul gejala anemia, segera konsultasikan kepada Dokter yang melakukan pemeriksaan dan penanganan medis pada diri Anda sebelumnya.

    Komplikasi keguguran yang mengalami penyulit, yang perlu Anda waspadai adalah penjalaran infeksi ke dalam rongga perut. Kondisi infeksi rahim dan perut biasanya disertai keluhan demam, keputihan berbau busuk dan sakit perut yang hebat. Secara umum, bila tidak ada gejala yang Kami sebutkan di atas, proses pemulihan paska keguguran mungkin tidak bermasalah, namun lebih pasti memang sebaiknya melakukan pemeriksaan langsung kembali dengan Dokter.

    Selama masa pemulihan, terapkan Pola Hidup Sehat secara konsisten di rumah sebagai berikut :

    • Beristirahat dengan cukup di malam hari , minimal 7 jam sehari.
    • Makan makanan yang sehat bergizi seimbang.
    • Konsumsi air minum yang cukup.
    • Hindari paparan asapa rokok, polutan, minum alkohol dan minum kopi secara berlebihan.
    • Berolahraga secara teratur 5x dalam seminggu, 1 x sesi olahraga 30 sampai 60 menit.
    • Mengelola stress dengan bijaksana. 
    • Menjaga kebersihan daerah kewanitaan dengan membasuhnya menggunakan air mengalir dan sabun yang lembut. Hindari terlalu sering menggunakan sabun untuk membersihkan vagina karena akan menimbulkan iritasi pada vagina, cukup 2x dalam sehari.Selalu jaga area selangkangan tetap kering. Menggunakan pakaian dalam yang menyerap keringat dan lembut. Gantilah pakaian dalam secara teratur untuk menjaga agar daerah selangkangan tetap kering. Hal ini untuk menghindarkan diri Anda dari infeksi organ reproduksi yang dapat menghambat peluang kehamilan.

     

    Anda dapat membaca Keguguran dalam artikel Alodokter ini.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.