Tanya Dokter

  • Keguguran tanpa kuret

  •  dewi4j4
    Anggota
    Dok saya mau tanya, saya kan mengalami keguguran sudah 1 bulan lebih dok, tapi tidak saya kuret dok, darah sudah keluar gumpalan2 hitamnya, sudah 3 minggu pendarahan, dan sudah mau berhenti serta sudah keluar flek2 warna coklatnya,lalu saya berhubungan dengan suami saya, tpi seminggu kemudian setelah saya berhubungan intim dgn suami saya dan saya urut malah keluar darah lagi dok, dan gumpalan2 darahnya keluar lagi, apakah itu berbahaya dok, dan coba kasih tau dok agar bisa berhenti pendarahnnya dok, karna sudah 1 minggu saya pendarahan setelah berhubungan intim dok. Trimaksh

    Halo dewi4j4.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, keguguran merupakan kematian Janin sebelum usia kandungan mencapai 20 minggu. Selain pendarahan yang disertai nyeri perut, tanda keguguran yang lain adalah menurunnya gerakan janin, perubahan gejala kehamilan, dan keluarnya jaringan atau cairan dari vagina.

    Apabila suatu keguguran masih menyisakan jaringan di dalam rahim, maka dapat saja wanita masih terus mengalami pendarahan dari rahim. Kondisi yang Anda alami dapat saja disebabkan oleh karena sisa jaringan pada rahim Anda ataupun Anda memang sedang mengalami masa menstruasi.

    Kami sangat menyarankan untuk segera menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut khususnya USG obsgyn, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat segera diberikan. Jika memang suatu sisa jaringan, umumnya dokter akan merekomendasikan suatu prosedur pembersihan dengan cara kuretase.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KEGUGURAN

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati