Tanya Dokter

  • Kehamilah pasca keguguran tanpa kuret

  •  AstutiRauf
    Anggota
    Selamat siang dokter. Saya mau bertanya. Kemarin bulan September sy keguguran diusia kehamilan 6 Minggu 3 Hari. Saat itu saya tidak dikuret cuman dikasi obat peluruh saja sama dokter. Setelah keguguran, saya kembali haid pada tanggal 4 Oktober 2017. Sampai sekarang sy belum haid-haid dokter. 3 hari yang lalu saya melakukan tespek. Dan hasilnya positif dengan dua garis merah yang sangat jelas. Nah saya mau tanya dokter. Apabetul saya ini hamil? Terimah kasoh atas perhatiannya
    AstutiRauf  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Astuti,

    Pemeriksaan tespack (TP) merupakan pemeriksaan kehamilan sederhana yang dilakukan untuk mengkonfirmasi kondisi kehamilan. Pemeriksaan ini bekerja dengan cara mendeteksi hormon kehamilan (beta HCG) pada air kemih wanita yang hamil dan memiliki hasil yang sangat akurat untuk mendeteksi hormon tersebut. Meskipun demikian, pemeriksaan ini hanya dapat mendeteksi hormon kehamilan dan tidak dapat memastikan kondisi kehamilan Anda sehingga membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter, terlebih Anda memiliki riwayat keguguran sebelumnya.

    Hal ini disebabkan walaupun mendapat hasil tespack yang positif, masih dapat terjadi kelainan pada kehamilan yang dapat menyebabkan kehamilan tidak berlanjut, yakni sebagai berikut :

    • Kehamilan kosong (blighted ovum/anembrionic gestation)
    • Kehamilan mola atau hamil anggur
    • Untuk memastikan kondisi kehamilan Anda dokter akan menganjurkan pemeriksaan USG untuk memastikan adanya kantong kehamilan dan bakal janin didalam kantong tersebut. Tanyakanlah hasil pemeriksaan dengan dokter agar mendapat informasi yang sesuai dengan kondisi Anda.

      Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Tanda-tanda kehamilan

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono