Tanya Dokter

  • Khawatir hamil setelah berhubungan intim

  •  Unknowed
    Anggota
    Halo dok Maaf Saya Ingin bertanya masalah kehamilan atau tidaknya Jadi sekitar tgl 4-5 november ini Saya berhubungan intim setelah saya Selesai haid tanggal 5nya suami Saya keluar Di Dalam Hanya sekali , Hari awal haid saya sebelumnya tanggal 25oktober selesainya tgl 1november Apakah Saya akan hamil dokter? Tetapi Saya Ingin menunda kehamilan tersebut Terimakasih sebelumnya

    Halo, terima kasih sudah bertanya di alodokter.com

    Kehamilan dapat terjadi ketika terjadi pertemuan antara sel sperma dengan sel telur dan terjadinya pembuahan.

    Waktu dimana kesempatan yang lebih besar untuk terjadi kehamilan adalah hubungan intim saat masa subur. 

    Masa subur ditandai dengan terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur) dimana ovulasi terjadi 14 hari sebelum menstruasi yang berikutnya. Pada wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur 28 hari, ovulasi umumnya terjadi sekitar 12-14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Pada wanita yang memiliki siklus menstruasi yang pendek, ovulasi dapat terjadi hanya beberapa hari setelah menstruasi berakhir.

    Berdasarkan penelitian, sperma dapat bertahan di dalam tubuh wanita selama 7 hari. Sedangkan, pembuahan dapat terjadi 1-2 hari setelah sel telur dilepaskan. Apabila dalam waktu 7 hari setelah berhubungan, sel sperma bertemu dengan sel telur, maka dapat terjadi kehamilan. 

    Selain itu, keseimbangan hormonal juga berperan dalam terjadinya proses kehamilan.

     

    Cara untuk mengetahui  apakah seseorang hamil atau tidak yang paling mudah adalah dengan penggunaan testpack. Cara penggunaan testpack pun cukup mudah dan tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasilnya. Anda bisa menggunakan testpack mulai 1 minggu setelah terlambat haid. Jika hasilnya negatif, Anda dapat lakukan pemeriksaan testpack ulang 1 minggu setelahnya. 

    Tanda-tanda kehamilan dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

    • Tanda tidak pasti hamil: terlambat menstruasi, mual dan muntah, sering BAK, payudara membesar, kulit hidung, pipi, dahi, puting menghitam, sulit BAB, varises

    • Tanda kemungkinan hamil: hasil testpack positif dan terabanya bagian tubuh janin pada pemeriksaan

    • Tanda pasti hamil: terlihatnya gerakan janin dan denyut jantung janin melalui USG

     

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu 

    Salam, dr.Sylvia