Tanya Dokter

  • Belum hamil dan kaitan dengan konsumsi pil KB

  •  nilaade
    Anggota
    Dok saya sudah satu tahun menikah Awal menikah sya mngkonsumsi pil kb untuk menunda kehamilan Smpe sekarang sya belum hamil apakah pil itu bisa jadi penyebabnya? Saya wanita umur 24 th berat badan saya 41kg tinggi saya sekitar 147 cm Apa yang harus saya ikhtiarkan agar segera hamil?

    Halo,

    Kehamilan terjadi, didahului oleh proses pembuahan. Proses pembuahan adalah peristiwa bertemunya sel sperma dan sel telur di dalam saluran indung yang menghasilkan benih janin/embrio. Embrio kemudian akan membenamkan diri ke bagian atas dinding rahim. Pembuahan dapat terjadi bila sel sperma dan sel telur yang kondisinya baik dan tidak ada masalah pada organ reproduksi. Sel telur wanita yang siap dibuahi biasanya mengalami proses selama siklus menstruasi. Sel telur yang matang dilepaskan ke luar indung telur menuju saluran indung telur untuk dibuahi oleh sperma. Waktu pelepasan sel telur dari indung telur disebut sebagai masa ovulasi/masa subur.

    Penggunaan pil KB sebenarnya tidak mempengaruhi potensi kesuburan seorang wanita. Telah dilakukan penelitian yang membandingkan potensi kesuburan antara wanita yang tidak pernah menggunakan pil KB dengan wanita yang menggunakan pil KB, dan tidak ditemukan perbedaan potensi kesuburannya. Yang mungkin terjadi adalah, terdapat masalah kesuburan dan sulit hamil telah dialami sebelumnya. Baca di sini mengenai Penelitian Potensi Kesuburan Wanita Setelah menggunakan Pil KB.

    Untuk menyebut pasangan sulit memilki anak bila setelah 1 tahun tidak menggunakan kontrasepsi dan berhubungan seksual secara normal dengan pasangan tetap tidak terjadi kehamilan (terutama di masa subur). Namun tidak salah juga, bila Anda berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan sekarang. 

    Dokter akan melakukan tanya jawab medis yang detail, pemeriksaan fisik yang menyeluruh terutama pemeriksaan kondisi organ reproduksi. Dokter juga akan menyingkirkan kemungkinan masalah kesuburan yang dapat menghambat kehamilan yang dinantikan. Bila diperlukan Dokter akan melakukan USG perut untuk melihat kondisi rahim Anda, analisa air seni, analisa sperma suami Anda, serta pemeriksaan darah.

    Tubuh yang sehat akan membantu proses kehamilan terjadi lebih cepat. Lakukan tips Pola Hidup Sehat berikut :

    • Beristirahat dengan cukup di malam hari , minimal 7 jam sehari.
    • Makan makanan yang sehat bergizi seimbang
    • Boleh mengkonsumsi suplemen asam folat.
    • Konsumsi air minum yang cukup.
    • Berolahraga secara teratur 5x dalam seminggu, 1 x sesi olahraga 30 sampai 60 menit.
    • Mengelola stress dengan bijaksana.
    • Menjaga diri Anda dari infeksi organ reproduksi yang dapat menghambat peluang kehamilan dengan menjaga kebersihan daerah kewanitaan dengan membasuhnya menggunakan air mengalir dan sabun yang lembut., cukup 2x dalam sehari. Terlalu sering membersihkan area kewanitaan dengan sabun, dapat memicu keputihan karena iritasi. Selalu jaga area selangkangan tetap kering. Menggunakan pakaian dalam yang menyerap keringat dan lembut. Gantilah pakaian dalam secara teratur untuk menjaga agar daerah selangkangan tetap kering.  

     

    Anda dapat membaca mengenai Tips Cepat Hamil dalam artikel Alodokter dengan klik di sini.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.