Tanya Dokter

  • Berat badan tidak bertambah saat hamil

  •  marsha pajar
    Anggota
    Halo dokter, Usia kehamilan saya saat ini 18 minggu namun berat badan saya tidak bertambah banyak, apakah mempengaruhi tumbuh kembang janin saya?

    Hai Marsha

    Normalnya pada saat kehamilan terjadi penambahan berat badan akibat dari pembentukan janin, pembesaran rahim, air ketuban, peningkatan cairan tubuh, darah, dan sebagainya. Untuk mengetahui penambahan berat badan yang normal diperlukan dahulu IMT (index massa tubuh) Anda saat ini. Caranya adalah dengan membagi berat badan (kg) dibagi dengan tinggi badan kuadrat dalam m2. Berikut selengkapnya: Pemahaman seputar index massa tubuh.

    Dari hasil IMT akan didapatkan kategori berat tubuh apakah dibawah normal, normal, ataukah obesitas. Berdasarkan IMT diperkirakan kenaikan berat badan pada trimester pertama (usia kehamilan 0-3 bulan) berkisar antara 0,5 – 2 kg. Setelah itu, berat badan kamu diperkirakan bertambah tiap minggunya pada trimester kedua (3-6 bulan) dan ketiga (diatas 6 bulan) sekitar 0,4 – 0,59 kg (untuk berat badan di bawah normal), 0,36 – 0,45 kg (untuk berat badan normal), 0,23 – 0,32 kg (untuk berat badan berlebih), dan 0,18 – 0,27 kg (untuk berat badan obesitas).

    Bila terjadi penurunan berat badan atau tetap selama masa kehamilan, perlu dicari penyebabnya terlebih dahulu seperti misalnya:

    • Timbangan yang tidak akurat.
    • Asupan makanan yang menurun akibat mual, muntah, kurang nafsu makan yang lazim terjadi pada awal masa kehamilan.
    • Penyakit tertentu, misal akibat infeksi, gangguan pada saluran cerna.
    • Dan sebagainya.

    Untuk memastikan kondisi kehamilan serta janin di dalam kandungan Anda saat ini sebaiknya periksakan pada dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG. Perkembangan dan kesehatan bayi dalam kandungan memang bergantung dari nutrisi yang Anda konsumsi saat hamil. Secara sederhana makanan yang diperlukan untuk ibu hamil adalah diet seimbang antara karbohidrat, protein, lemak serta mineral, namun bukan berarti Anda harus terlalu banyak makan dengan anggapan karena berbadan dua. Makanlah dalam porsi biasa namun bernutrisi tinggi. Karbohidrat dapat Anda dapatkan dari makanan Anda sehari-hari seperti nasi, kentang, atau sereal. Protein dan lemak seperti tempe, tahu, daging ayam, sapi, telur, ikan. Olah tanpa terlalu banyak minyak saat menggoreng, dan hindari bagian yang tinggi lemak seperti kulit, jerohan, dsb. Dan juga ditambah dengan buah-buahan dan sayuran. Tidak lupa juga banyak konsumsi air putih sekitar 2.5 liter per hari. 

    Berikut informasinya:

    Kenali pertambahan berat badan ibu hamil yang normal.

    Makanan sehat untuk ibu hamil. 

    Semoga membantu ya. Terima kasih.

    dr.Yan william