Tanya Dokter

  • Mengatasi payudara yang tiba-tiba nyeri

  •  Kurnia dewi
    Anggota
    Dok, saya wanita berumur 21 tahun, bulan kemarin saya haid tanggal 27 september dan sampai sekarang saya belum haid, siklus saya panjang dok, dan tidak teratur, antara 30-36 hari dan jika dilihat sekarang tgl 4 november berarti saya sudah telat 2 hari dari siklus haid biasa saya, kemarin saya tespack garis 2, tapi 1 lg samar, apakah terlalu dini untuk menyimpulkan saya hamil dok? Dan apakah memang hanya telat saja karna memang diklus saya tidak teratur? Atau mungkin dengan keluhan yang saya miliki, itu tanda2 berupa penyakit dirahim saya? Karna sebenarnya saya sudah merasa keram perut dok, tapi tak intens biasanya kalau saya mau haid keram perut saya sakitnya parah, kalau ini ringan terjadi kadang2 saja, payudara saya juga tiba2 sering sakit. Mohon jawabannya dok, terimakasih :)

    Kurnia yang baik,

    setiap wanita normal dalam usia subur pasti akan mengalami siklus haid setiap 21-35 hari terhitung dari hari pertama haid terakhir dengan lama durasi berkisar antara 3-7 hari. Kondisi ini merupakan patokan rata-rata siklus haid normal wanita. Namun demikian pada kenyataannya banyak sekali siklus haid yang terganggu baik datang terlalu cepat, terlalu lambat atau tak kunjung datang. Kondisi ini biasanya berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon menstruasi yang bisa dipicu oleh :

    • kehamilan
    • proses menyusui
    • penggunaan kontrasepsi
    • pola makan dan gaya hidup
    • stress psikis
    • penyakit tiroid
    • penyakit kista ovarium

    Kehamilan sendiri biasanya dibuktikan oleh banyak orang awam dengan testpack. Padahal testpack bekerja dengan mendeteksi hormon betaHCG yang juga bisa ditemukan pada kondisi non-hamil lain (meskipun jarang) misalnya pada penyakit mola. Dengan demikian untuk akurasi yang lebih baik, kehamilan dapat dibuktikan dengan mendeteksi aktivitas jantung janin melalui pemeriksaan USG dengan dokter kandungan. Sementara itu untuk gangguan haid sendiri, biasanya bersifat ringan dan akan membaik dengan sendirinya. Nyeri haid bisa diobati dengan penahan nyeri yan dijual bebas seperti paracetamol tentunya dengan memperhatikan petunjuk pemakaian. Akan tetapi jika gangguan haid, termasuk nyeri haid, terjadi terus menerus atau sangat mengganggu, penting bagi Anda untuk memeriksakannya ke dokter karena adanya kemungkinan penyebab lain seperti endometriosis, penyakit radang panggul dan lain sebagainya. Berikut kami lampirkan artikel mengenai gangguan haid. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief