Tanya Dokter

  • Amankah berhubungan intim saat hamil dan cara mencegah stretch mark

  • Assalamualaikum wr wb dok.. saya Ernita, maaf dok mau tanya. Saya baru hamil , sudah testpack 3 kali positif semua hasilnya. Dan gejalanya persis seperti orang hamil. Namun saya belum periksa ke Dr.kndungan dan belum tau umur kehamilan saya karena mens saya sangat tidak teratur kadang 2bln kdg per 3 bln. Yg sy tanyakan. Kira2 kalau USG tepatnya pada usia kehamilan berapa dok n cara mencegah peregangan kulit perut nantinya bagaimana dok? Sama apakah masih bisa berhubungan intim selama hamil muda ? Kalau boleh per berapa hari ? Terimakasih dok
    Ernita Devi Sejati  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Ernita,

    Kehamilan memang merupakan kondisi yang menimbulkan berbagai perubahan pada tubuh wanita sehingga dapat menimbulkan gejala atau tanda kehamilan. Meskipun demikian, tanda atau gejala kehamilan ini bukanlah tanda pasti hamil dan untuk memastikan kondisi kehamilan Anda dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut, yakni :

    • Pemeriksaan air kemih untuk mendeteksi adanya kadar hormon kehamilan (beta HCG) yang umumnya memberikan hasil yang positif setelah 10-14 hari paska konsepsi (pembuahan)
    • Pemeriksaan ultrasonografi (USG) baik melalui perut atau vagina untuk mendeteksi adanya kantung kehamilan ataupun janin pada rahim. Umumnya kantung kehamilan baru terdeteksi setelah 4-6 minggu paska konsepsi
    • Dikarenakan terdapat rentang waktu agar pemeriksaan USG memberikan hasil yang positif maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan USG ulang sesuai anjuran dokter Anda.

      Sedangkan peregangan kulit (stretch mark) merupakan kondisi yang dapat terjadi pada semua orang dan seringkali dialami oleh wanita pada kehamilan trimester ketiga (hamil tua) akibat pertumbuhan rahim yang semakin besar dan sangat bergantung dari berat Anda sebelum hamil. Stretch mark dapat dicegah dengan konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, E, selenium dan seng. Konsultasikanlah hal ini dengan dokter Anda agar mendapat penanganan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

      Tidak terdapat aturan khusus mengenai hubungan intim pada awal kehamilan. Meskipun demikian, Anda sebaiknya menghindari berhubungan seksual bila timbul keluhan pada Anda ataupun pasangan Anda. Anda juga sebaiknya menghindari berhubungan seksual selama beberapa waktu bila Anda memiliki riwayat keguguran ataupun riwayat ancaman keguguran (abortus iminens) dan segera berkonsultasi dengan dokter bila terdapat keluhan.

      Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Amankah berhubungan seksual saat hamil

      Keluhan ibu hamil dan cara praktis mengatasinya

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono