Tanya Dokter

  • Kemungkinan terjadi kehamilan

  • Siang Dokter,

    saya Dewi, saya baru saja mengalami pasca kuretase pada tgl 12 agustus 2017 lalu, kata dokter saya harus menunggu selama 3x mens baru bisa promil lagi.

    dari tgl 12 agustus - 1 november 2017 saya tidak pernah melakukan hubungan intim dg suami saya,tetapi tepat tgl 2 november saya baru melakukan hubungan intim dg suami padahal tgl 7 november jadwal saya menstruasi apakah itu bisa kemungkinan terjadi kehamilan karena saya merasakan mual dan pusing.

    Mohon jawabannya,terimakasih dokter.

    Hai Dewi. Secara umum, paska kuretase, selama perdarahan sudah selesai, dan menstruasi anda telah berjalan, maka ketika anda melakukan hubungan seksual tanpa pengaman akan beresiko terjadi kehamilan. Hal ini dikarenakan siklus kesuburan anda telah berjalan sehingga sudah terjadi proses pematangan sel telur yang jika anda melakukan hubungan seksual terutama saat masa subur, maka resiko kehamilan menjadi cukup besar. 

    Konsultasikan dengan dokter kandungan anda mengenai kondisi yang anda alami. Untuk memastikan terjadinya kehamilan, anda dapat melakukan pemeriksaan kehamilan yakni berupa test pack, pemeriksaan darah ataupun USG. Pemeriksaan test pack merupakan pilihan yang paling praktis dimana melakukan pemeriksaan hormon kehamilan dalam urin dengan urin pertama bangun tidur dan akan lebih akurat jika dilakukan pemeriksaan setelah 12 hari paska berhubungan. 

    Hal yang dapat anda lakukan yakni 

    1. perbanyak istirahat dan kelola stres 

    2. konsumsi makanan gizi seimbang terutama yang mengandung asam folat dan zat besi seperti ikan, telur, produk susu, hati ayam, bit, bayam

    3. hindari alkohol dan rokok 

    4. perbanyak minum air putih 

    Berikut mengenai program hamil. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa