Tanya Dokter

  • Pemeriksaan kehamilan

  •  Aini D
    Anggota
    Selamat sore dok,, saya mau bertanya sebaiknya memeriksakan kandungan itu setiap 1bulan sekali atau gimana ya dok Saya baru memeriksakan kandungan 1 kali dan itu udah pada usia kandungan 17 minggu oleh dokter dan belum memeriksakan kembli ke dokter, apa itu tidak apa" dok Oh iya dok kalo sedang hamil perut saya kok sering sekali sakit itu kenapa ya dok apa berbahaya buat janinnya dok Terimakasih

    Dear Aini,

    Disarankan untuk kontrol kehamilan ke dokter kandungan atau bidan setidaknya 4 kali selama kehamilan, satu kali pada trimester (3 bulan) pertama, satu kali pada trimester kedua, dua kali pada trimester ketiga.

    Bila terjadi keluhan kehamilan yang tidak biasa, segera kontrol ke dokter.Menjaga pola makan yang sehat, menghindari kebiasaan buruk (merokok, minum minuman keras, penyalahgunaan narkoba), tetap aktif bergerak, minum suplemen asam folat sesuai dosis anjuran, cukup istirahat, mengatasi stres adalah anjuran yang dapat Anda lakukan.

    Nyeri perut saat kehamilan bisa berasal dari otot, saluran pencernaan, saluran kemih, atau saluran reporduksi yang terkait dengan kehamilan. Konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mendapatkan terapi yang sesuai. Hindari minum obat tanpa resep dan petunjuk dokter.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Rony W.