Tanya Dokter

  • Nyeri perut saat hamil usia 37 minggu

  • Ass.. Dok sya lagi hamil 37mgg, tdi magrib sya ada merasakan sakit perut sperti mau haid, biasa nya klau mules di bwa jalan atau gerak suka lngsung hilang. Tpii klau ini engga dok trus mules stiap mules perut sya kencang. Kira" apa ini tanda kontraksi asli mau melahirkan dok?

    Halo Ibu Yora, 

    37 minggu kehamilan adalah usia kehamilan yang sudah matang (aterm) sehingga kelahiran bisa terjadi kapan saja dan Anda perlu bersiap. Kontraksi yang Anda rasakan bisa karena kontraksi palsu atau Braxton Hicks, tetapi bisa juga kontraksi melahirkan. Memang sulit membedakannya bagi pasien, karena bisa sama-sama terasa kencang dan sakit. Berikut ini perbedaannya: 

    • Kontraksi palsu biasanya berlangsung kurang dari satu menit, sedangkan kontraksi melahirkan bisa lebih dari satu menit
    • Kontraksi palsu biasanya timbul tidak menentu, sedangkan kontraksi melahirkan timbulnya teratur dan semakin lama semakin sering. Misalnya setiap setengah jam, tiap kontraksi selama 30  detik, dan selanjutnya setiap  20 menit, selama 45 detik dan seterusnya. 
    • Kontraksi palsu tidak disertai dengan pembukaan mulut rahim, sedangkan kontraksi melahirkan disertai dengan pembukaan (diperiksa oleh petugas kesehatan)
    • Kontraksi palsu dapat menghilang jika bergerak, berubah posisi atau istirahat. Kontraksi melahirkan konstan dan teratur. 
    • Kontraksi palsu biasanya terasa pada bagian perut saja, sedangkan kontraksi melahirkan bisa terasa sampai punggung dan panggul, juga semakin lama semakin nyeri

     

    Untuk memastikannya, segeralah ke fasilitas kesehatan tempat Anda melahirkan untuk evaluasi lebih lanjut. Petugas kesehatan akan memeriksa Anda dan menentukan langkah berikutnya. Jika ternyata yang Anda rasakan adalah kontraksi palsu, Anda bisa dipulangkan kembali dan beristirahat. Anda juga harus mengetahui tanda kelahiran lain selain kontraksi, yaitu keluar darah dan lendir dari vagina, atau pecahnya selaput ketuban. 

    Baca juga: Tanda Melahirkan dan Kontraksi Palsu

    Semoga bermanfaat ya, 

    dr. Mega