Tanya Dokter

  • Penggunaan krim pemutih wajah saat hamil

  • Halo dokter, dok saya sedang hamil mau masuk 2 bulan. Pertanyaan saya bolehkah saya menggunakan cream pemutih wajah seperti cream Special / Temulawak /atau sejenis DR. Dengan penggunaan dosis jarang seperti 1 minggu dalam 1 bulan, boleh tidak ya dok?? Dan apakah pengaruh untuk janin. Kalau tidak boleh, baik nya si ibu menggunakan cream apa yg tidak nge efek ke janin???

    Halo Dewi.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui, merawat wajah pada saat kehamilan memang terkadang bukan sesuatu yang mudah. Bahan Kimia yang terkandung di dalam produk perawatan wajah umumnya dikhawatirkan dapat membahayakan Janin.

    Naik turunnya hormon pada masa kehamilan dapat menimbulkan beragam masalah pada kulit wanita, salah satunya jerawat. Bagian ini dapat membuat wanita menjadi bingung dalam hal memilih produk kecantikan atau bagaimana merawat wajah pada saat hamil.

    Pada dasarnya Anda dapat menggunakan krim perawatan wajah apa saja pada saat kehamilan, akan tetapi harus sudah terdaftar di BPOM RI, dan tidak boleh mengandung bahan berbahaya seperti : retinoid, salicyl acid, benzoyl peroxide, antibiotik seperti tetrasiklin/ minosiklin/ doksisiklin/ accutane ( isotretinoin ).

    Solusi yang terbaik adalah dengan menemui dokter spesialis penyakit kulit, dan mendiskusikan masalah ini, sehingga kulit wajah Anda dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati