Tanya Dokter

  • Pada usia kehamilan berapakah asi diproduksi?

  •  marsha pajar
    Anggota
    Halo dokter, Apakah diusia kehamilan 20 minggu sudah memproduksi asi? Mohon penjelasannya dokter, trims :)

    Halo,

     

    Pada kehamilan (sejak konsepsi terjadi) maka secara otomatis tubuh wanita hamil akan memproduksi beberapa jenis hormon yang berkaitan dengan kehamilannya yaitu =

    1. HCG, hormon ini diproduksi sejak usia kehamilan 4 minggu. Hormon ini bisa dideteksi melalui urin pada testpack. Berfungsi menjaga hsil konsepsi agar tetap kuat dan menambah kekebalan tubuh.
    2. Estrogen dan Progesteron, diproduksi oleh plasenta untuk mempertahankan kehamilan. Mempengaruhi kinerja otott rahim untuk menopang kehamilan yang sehat, menyebabkan mual dan sulit tidur serta gangguan lain ynag sering dialami ibu hamil saat kehamilan muda.
    3. Prolaktin, diproduksi mulai trisemester kedua (sekitar usia kehamilan 16 minggu) untuk mempersiapkan kelenjar payudara memproduksi ASI. Umumnya ASI tidak akan keluar sampai persalinan tiba namun ada juga beberapa kasus dimana ibu hamil sudah memproduksi ASI.
    4. Hormon relaxin, diproduksi pada awal kehamilan untuk membantu mencegah kontraksi rahim dan melunakan leher rahim.
    5. Hormon oksitosin.

    Jadi memang usia kehamilan 20 minggu hormon prolaktin yang merangsang pembentukan ASI sudah diproduksi. Namun hormon ini akan memperlihatkan konerja optimalnya pada saat terjadi penurunan hormon estrogen dan progesteron saat persalinan berlangsung. Saat itulah dengan gerakan inisisasi menyusu dini hormon prolaktin akan semakin terangsang memproduksi ASI.

    Jika Anda mengalami pengeluaran ASI yang cukup banyak saat kehamilan baru berusia 20 minggu maka sebaiknya Konsultasikan hal ini dengan dokter kandungan Anda. Dengan demikian maka dokter bisa menentukan langkah terbaik untuk menjaga kehamilan Anda tanpa menganggu produksi ASI.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi