Tanya Dokter

  • Pengaruh hubungan intim pada kehamilan usia 36 minggu

  • Saya tara. Dok saya mau tanya. Saya sedang hamil memasuki 36minggu usia kehamilan saya. Kemudian setelah saya berhungan intim dgn suami saya.saya mengeluarkan darah .apakah itu berbahaya untuk janin yg ada dalam kandungan saya dok.darahnya bukan bercak seperti haid. Tapi tidak terlalu banyak sekali ???

    Hai Perdarahan dalam jumlah sedikit setelah berhubungan intim saat sedang hamil dapat merupakan hal yang normal terjadi, ini akibat dari lebih banyaknya pembuluh darah dan juga lebih lunaknya leher rahim saat hamil, sehingga pada saat berhubungan intim yang agak "keras" maka mudah terjadi luka perdarahan, ini merupakan hal yang normal. Biasanya tidak disertai gejala nyeri. Beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan keluhan serupa, antara lain:

    • Cedera pada dinding vagina yang disertai gejala nyeri.
    • Infeksi, biasanya disertai dengan gejala keputihan dan nyeri.
    • Placenta yang menutup rahim (placenta previa). Untuk memastikanya diperlukan pemeriksaan USG.
    • Keguguran. Biasanya perdarahan banyak dan disertai gejala mulas.
    Bila tidak ada gejala apapun seperti nyeri/mulas, keputihan, demam dan perdarahan hanya sedikit setelah berhubungan intim saat hamil umumnya tidak berbahaya. Namun bila penyebabnya seperti infeksi, placenta letak dibawah ataupun keguguran, seperti yang telah disebutkan diatas, maka ini dapat berpengaruh pada janin. Untuk lebih pastinya Anda dapat memeriksakan langsung ke dokter, dan bila perlu dilakukan pemeriksaan USG. Berikut informasi mengenai hubungan intim saat hamil: Amankan berhubungan intim saat hamil? Dan diskusi mengenai topik serupa dapat Anda ikuti pada link berikut ini: Berhubungan intim saat istri sedang hamil. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william