Tanya Dokter

  • Cara menghitung masa subur

  • Siang dok, saya mau tanya tentang menghitung masa subur. Bulan kemarin istri saya haid tgl 6-12 oktober. Bulan ini haid tgl 1-7 nov. Kapan masa subur nya? Terima kasih

    Hai Singgih, Untuk menghitung masa subur sebenarnya diperlukan data tanggal menstruasi selama setidaknya 6 bulan agar dapat dinilai keteraturan siklus menstruasi setiap bulannya. Berikut ini kami akan menjelaskan cara menghitung masa subur agar selanjutnya Anda dan istri dapat menerapkannya. Sebelum menghitung masa subur terlebih dahulu harus diketahui siklus menstruasi istri Anda. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Bila hari pertama menstruasi istri Anda adalah pada tanggal 6 Oktober dan 1 November, maka siklus menstruasi pada bulan tersebut adalah 26 hari. Lakukan pencatatan selama 6-8 bulan untuk menilai keteraturan siklus menstruasi setiap bulannya. Bila siklus menstruasi istri Anda teratur 26 hari setiap bulannya, maka masa subur akan terjadi pada hari ke 10-14 dihitung dari hari pertama menstruasi. Sebagai contoh, bila hari pertama haid terakhir adalah pada tanggal 1 November maka masa subur akan terjadi pada tanggal 11-15 November. Namun jika siklus menstruasi istri Anda tidak teratur maka dapat dihitung dengan rumus berikut ini:

    • siklus terpendek dikurangi 18
    • siklus terpanjang dikurangi 11
    Sebagai contoh, jika siklus menstruasi istri Anda tidak teratur dan berkisar antara 26-28 hari, maka masa subur akan terjadi pada hari ke-8 (siklus terpendek yaitu 26 dikurangi 18) hingga hari ke-17 (siklus terpanjang yaitu 28 dikurangi dengan 11) dihitung dari hari pertama menstruasi. Selain dengan metode kalender seperti perhitungan di atas, masa subur dapat pula diprediksi dengan metode lainnya seperti:
    • Menggunakan kalkulator masa subur
    • Metode lendir serviks, yaitu dengan mengamati lendir serviks atau cairan vagina yang diproduksi. Pada saat ovulasi akan diproduksi lendir serviks yang berwarna jernih, licin, dan elastis, menyerupai konsistensi putih telur mentah. Adanya lendir serviks ini dapat menjadi penanda bahwa istri Anda sedang berada dalam masa subur.
    • Metode suhu basal, yaitu dengan mengukur suhu basal tubuh setiap hari. Suhu basal didapat dengan mengukur suhu tubuh setiap pagi saat baru bangun tidur dan belum beranjak dari tempat tidur. Normalnya suhu basal tubuh adalah 35,5-36,6 derajat Celsius, di mana pada saat ovulasi dapat terjadi kenaikan suhu basal sekitar 0,3 derajat Celsius.
    • Menggunakan alat prediksi ovulasi yang dijual bebas di apotek
    Untuk penjelasan selengkapnya Anda dapat membaca artikel berikut ini: Menghitung masa subur wanita setelah haid Lima cara mengetahui masa subur wanita Tips jitu cara cepat hamil Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman