Tanya Dokter

  • cara untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan

  •  Eira Andri
    Anggota

    Pgi dok.mf ganggu dokter,saya mw tnya dok,kmrin kn saya beli vitamin evere 250 dok,udh saya mnum batu 2 hri,tyus mlemnya sya brhubungan intim dgn suami saya,tpi kok blum sbur ya dok kndungan sya,saya akui emang dollo sya pnh num obt kB dok,tpi cmn 1thun,hbis itu udh gk mnum lgi,soalnya sya udh mles num pil itu dok,lgi pula sya kpengen pnya momongan dok,mka dri itu sya,gk mnum pil itu,tyus skrg apa yag hrus sya lkukan dok,spya pnya cpt dkaaih momongan,tlonk bntu ya dok.

    Hai Eira, Kapankah Anda terakhir kali mengonsumsi pil KB? Penggunaan pil KB sebenarnya tidak menyebabkan wanita sulit mengalami kehamilan ataupun menimbulkan gangguan kesuburan. Namun perlu diketahui bahwa setelah penghentian pil KB umumnya diperlukan waktu 2-3 bulan hingga siklus menstruasi dan kesuburan wanita kembali normal. Namun demikian pada sebagian kasus memang dapat diperlukan waktu yang lebih panjang hingga 1 tahun. Untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan, Anda dan suami dapat merencanakan untuk melakukan hubungan intim pada masa subur. Untuk mengetahui cara menghitung masa subur Anda dapat membaca laman artikel berikut ini: Menghitung masa subur wanita setelah haid 3 hari sebelum masa subur sebaiknya Anda dan suami melakukan pantang seks untuk menjaga kualitas dan kuantitas sperma. Baru kemudian hubungan intim dilakukan setiap hari pada saat masa subur. Di luar masa subur sebaiknya hubungan intim tetap dilakukan secara teratur 3-4 kali dalam seminggu untuk meningkatkan peluang hamil. Selain itu untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan Anda dan suami dianjurkan untuk:

    • Beristirahat cukup dan tidur yang cukup
    • Jangan terlalu lelah, batasi aktivitas fisik yang berat
    • Mengatur pola makan yang bergizi seimbang
    • Konsumsi asam folat
    • Hindari konsumsi kafein, alkohol dan rokok
    • Berolahraga secara teratur
    • Meminimalisir stres
    Bila Anda dan suami telah melakukan hubungan intim secara teratur tanpa pengaman namun dalam waktu 1 tahun tidak kunjung terjadi kehamilan, maka sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter spesialis kandungan dan dokter spesialis andrologi untuk menelusuri kemungkinan adanya penyebab lain yang mendasarinya. Dokter akan menganjurkan tes penunjang jika diperlukan (seperti tes darah, USG, HSG, tes analisa sperma dan sebagainya) untuk menganalisis penyebabnya dan menentukan penanganan yang tepat bagi Anda dan suami. Informasi berikut ini dapat berguna: Tips jitu cara cepat hamil Cara cepat hamil setelah haid Makanan penyubur kandungan Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman

    Eira Andri  Eira Andri
    Anggota

    Pgii dokter,,sya lupa dok kpn brhnti mnum pil kb,tpi menstruasi tetap lacr dok,tiap bulan psti menstruasi dok,tpi trkhir menstruasi tgl 29 kmrin dh slsai dok.oya dok sya mnum vitamin evere 250 kok prut saya agk gemuk dkit ya dok,kyak agak melebar gtu,apah tuh tnda 2 bhaya dok.trus apakah saya hrus mlnjutkan mnum vitmin evere 250 atau brhenti mnum vitmin itu dok,saya bingung dok,tlonk bntu y dok.saya kpgen cpat 2 pnya anak doo,udh gk sbr pgen pnya anak dok,tlonk bntu dok.wassalam dokter.

    Eira Andri  Eira Andri
    Anggota

    Pgi dok,dok tlonk balas,soalnya ak nunggu balasan dri dokter,soalnya udh gk Sbr donk ndang cpet 2 kpgen pnya ank dok