Tanya Dokter

  • Proses terjadinya kehamilan

  •  beatrushlover
    Anggota

    Halo dok. Mohon bantuan informasi untuk beberapa pertanyaan.

    1. Apakah kehamilan dapat terjadi akibat air mani pria yang berada di jari, telah diusap-usap ke pakaian maupun badan beberapa kali, lalu akhirnya jari tsb digesekkan ke bibir vagina dalam jangka waktu 5-15 menit?

    2. Apakah mungkin terjadi jika air mani belum mengering ketika digesekkan ke bibir vagina?

    3. Jika pembuahan terjadi pada siklus haid saat ini (dengan kata lain hamil), apakah haid masih akan terjadi pada siklus berikutnya? (Misalnya haid hari pertama tgl 1 dan pembuahan terjadi tgl 14, apakah haid masih akan terjadi pada tgl 1 bulan berikutnya?)

    Trims.

    Hai, Kehamilan terjadi apabila terdapat pembuahan sel telur oleh sel sperma. Sel telur dilepaskan setiap bulannya pada sekitar pertengahan siklus haid, yaitu lebih kurang 14 hari sebelum haid berikutnya datang. Menjelang pelepasan sel telur, lendir vagina menjadi encer dan keasamannya berkurang, sehingga memungkinkan sel sperma hidup lebih lama -- masa ini disebut sebagai masa subur. Sel sperma bertahan hidup di luar tubuh mengadalkan cairan mani yang mengandung sejumlah zat-zat makanan bagi sel sperma. Apabila cairan mani ini sudah kering, sel sperma akan mati dan sel yang sudah mati ini tidak bisa hidup kembali meskipun dibasahi kembali. Salah satu tanda kehamilan yang paling lazim ialah keterlambatan haid. Haid terjadi karena peluruhan dinding dalam rahim -- haid terjadi apabila tidak ada mudigah/janin yang menempel ke dinding rahim; apabila sudah ada mudigah/janin yang menempel, sel-sel mudigah menghasilkan sejumlah hormon yang mempertahankan dinding rahim dan dengan demikian haid tidak akan terjadi hingga masa persalinan. Sekian, semoga cukup menjawab. dr. Radius Kusuma