Tanya Dokter

  • Pengaruh penyakit TBC terhadap kesuburan

  • Malam dok maw tanya suami sayakan penyakit tbs apa ada pengaruhnya gak buat keturunan,,,bisa punya keturanan gak dok,,,soalnya kami baru nikah 1bulan lebih,,,trus kalo misalnya ami punya anak ada dampaknya gak buat anak kami nanti

    Halo Solawati, selamat menempuh hidup baru bagi Anda dan suami

    Apakah yang Anda maksud dengan tbs adalah tuberkulosis?

    Tuberkulosis atau kerap disebut TB / TBC termasuk penyakit menular akibat bakteri yang bisa mengancam nyawa apabila tidak ditangani dengan baik. Umumnya TB menyerang paru dan menimbulkan gejala batuk lama (lebih dari 3 minggu) yang tidak kunjung sembuh dengan pengobatan, disertai sesak nafas, nyeri dada, penurunan berat badan, serta demam dan keringat di malam hari.

    Bakteri TB menular di udara melalui sembuan air liur ketika penderita batuk atau bersin. TB paru tidak menular melalui hubungan seksual dan tidak mempengaruhi kesuburan seseorang. Namun, karena menyebar di udara, maka orang di sekitar penderita perlu waspada, terutama bila terdapat bayi, anak, ibu hamil, dan usia lanjut.

    Untuk mengurangi penularan ke orang di sekitarnya, penderita dianjurkan menggunakan masker yang menutupi hidup dan mulut. Penderita TB menjadi tidak menular setelah 2-3 minggu pengobatan dengan obat anti-tuberkulosis (OAT). Meskipun demikian, pengobatan selama setidaknya 6 bulan harus dijalani sehingga benar-benar sembuh dari penyakit ini. Alangkah baiknya hal ini didiskusikan dengan dokter secara langsung.

    Selain penggunaan masker, demi mencegah penularan, sebaiknya setiap pagi jendela dan pintu rumah dibuka agar sinar matahari bisa masuk dan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Bila suami baru memulai pengobatan dengan OAT, maka selama 2-3 minggu pertama ada baiknya menghindari tidur sekamar.

    Demikian, semoga membantu ya

    dr. Lili