Tanya Dokter

  • penanganan pada kehamilan gemelli dan blighted ovum

  • Assalamu'alaykum. Dok, saudara saya sedang hamil 7 minggu. Setelah di USG, dokter mengatakan bahwa kehamilannya gamelli. Janin yang pertama hidup, tetapi janin yang kedua BO. Namun dokter tsb tidak menjelaskan dengan detail bagaimana penanganannya. Hanya memberikan obat saja.

    yang ingin saya tanyakan, bagaimana penanganan kasus seperti ini? apakah harus dilakukan kuret atau bisa menggunakan obat-obatan saja? Jika harus dikuret ataupun menggunakan obat, apakah aman bagi janin yang satunya? Dan apakah janin yang satunya masih bisa dipertahankan?

    Halo,   Mengingat usia kehamilan Anda yang masih terbilang cukup awal maka umumnya dokter kandungan akan melakukan observasi hingga 4-8 minggu kedepan. Observasi ini dilakukan untuk melihat kondisi BO (blighted ovum = kehamilan kosong) yang sudah diberitahukan kepada Anda sebelumnya. Karena kondisi ini bisa saja  terjadi karena pemeriksaan kehamilan yang terlalu dini. Pada kehamilan kembar (gmelli) terdapat faktor resiko seperti :

    1. Bayi kecil.
    2. Prematur.
    3. Salah satu bayi tidak berkembang.
    4. Dll.
    Tindakan kuret bukanlah merupakan pilihan jika masih terdapat bayi yang sehat dan berkembang sempurna. Pada kasus gmelli dengan salah satu bayi tidak berkembang ada kemungkinan sisa jaringan yang tidak berkembang sempurna tersebut akan menghilang dan bayi yang sehat akan terus tumbuh sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Lakukan observasi ke dokter secara rutin, makan nutrisi seimbang, kelola stress, olahraga dan cukup istirahat. Semoga membantu.   dr. Yusi