Tanya Dokter

  • Kehamilan ke-3 pasca operasi caesar

  •  anonymous
    Anggota

    Dear Dokter,

    saya sekarang hamil anak ke-3, anak ke-1 dan ke-2 semua melahirkan dengan proses cesar, anak yang pertama karena sungsang, sedang yang kedua sudah lewat bulan tapi belum ada tanda2 akan melahirkan jadi diputuskan untuk cesar lagi. yang mau saya tanyakan :

    1. usia kehamilan saya sekarang 6 bulan perut bagian bawah terasa nyeri pada bagian bekas jahitan cesar yang lama. apakah ini berbahaya, karena kemarin2 tidak sakit baru mulai masuk bulan ke 6 ini terasa nyeri.

    2. bisakah saya melahirkan normal, saya ingin seperti ibu2 yang lain yang bisa melahirkan normal.

    Apa yang harus saya lakukan agar bisa normal.

    Terimakasih atas jawabannya.

     

    salam

    Yessi

     

     

     

    anonymous  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Ibu yessi,

    1. Nyeri yang anda rasakan dapat disebabkan beberapa kemungkinan, yang pertama adalah karena regangan pada area bekas operasi akibat perut yang membesar (bekar operasi akan meninggalkan jaringan parut yang daya elastisitanya lebih rendah dari kulit normal, sehingga akibat perenggangan kulit muncul rasa nyeri). kedua, karena munculnya kontraksi palsu / braxton hicks contraction. Umumnya jika hanya nyeri pada bekas jahitan anda tidak perlu khawatir, sepanjang nyeri yang dirasakan bukan nyeri kontraksi / mulas-mulas. Jika terdapat keraguan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk permeriksaan lebih lanjut.
    2. Untuk melahirkan normal / per vagina setelah sesar, maka terdapat beberapa syarat VBAC (vaginal birth after caesarean delivery0 yang harus teepenuhi :
      1. caesar sebelumnya setidaknya sudah 18 bulan yll
      2. tidak ada penyulit pada kehamilan sekarang seperti kembar atau sungsang atau kelainan letak bayi
      3. indikasi dilakukannya sesar sebelumnya bukan indikasi mutlak seperti panggul sempit
      4. ketebalan segmen bawah rahim minimal 5 mm
      5. dilakukan di fasilitas yag siap bedah sesar 24 jam
      6. sayatan bedah sesar sebelumnya pada SBR, tidak boleh korporal / klasik / tegak lurus
      7. SC yang pernah dijalani maksimal 1 kali
    Sehingga pada kasus ibu, tidak dapat dilakukan kelahiran normal, karena sudah pernah menjalani bedah caesar 2 kali, dan itu merupakan kontraindikasi mutlak. Karena jika dipaksakan resiko terjadinya komplikasi  ruptur/robekan rahim besar dan berpotensi dapat membahayakan ibu maupun janinnya. Pada kondisi ini, bedah caesar adalah pilihan yang paling baik dan yang resikonya paling kecil. Sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan DSOG anda. bedah caesar demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.