Tanya Dokter

  • Waktu yang tepat untuk program hamil setelah keguguran

  •  Indah Yulia N
    Anggota

    Sy pernah mengalami keguguran 2x Dok. Keguguran yg ke 2 terjadi di bln april, di usia kandungan 6bln. Yang jadi pertanyaan sy kpn sy blh program hamil lg dan di pastikan rahim sy kuat setelah 2x gagal??, dan yg kedua apa yg harus saya lakukan agar cepat hamil?? Apakah blh minum folic acid 1mg dlm program hamil?? Terimakasih Dok.

    Indah Yulia N  Indah Yulia N
    Anggota

    Dok, sy ingin sekali memiliki momongan tp sy jg tidaj mau gagal lg, makanya sy mencari informasi mengenai kehamilan Mohon informasinya Dok, terimakasih

    Indah Yulia N  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Indah, Pada dasarnya hingga saat ini, mengenai kapan waktu yang tepat untuk hamil kembali setelah keguguran masih merupakan suatu kontroversi, akan tetapi secara umum dianggap jangan terlalu jauh dari kehamilan sebelumnya. 3-6 bulan setelah keguguran dipandang sebagai waktu yang cukup ideal untuk hamil kembali setelah keguguran. Beberapa studi/penelitian menunjukkan bahwa wanita yang hamil kembali dalam kurun 6 bulan setelah keguguran sebelumnya lebih jarang mengalami keguguran ulang, Akan tetapi, tentunya hal tersebut kembali lagi kepada penyebab keguguran tersebut. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan spesialis kandungan untuk masalah ini.Penting untuk memeriksakan diri untuk mencari kemungkinan adanya kelainan tertentu yang menyebabkan keguguran berulang seperti infeksi TORCH (toxoplasma, rubella, citomegalovirus dan herpes) ataupun kelainan lain speerti inkompetensi serviks (leher rahim lemah). Dokter mungkina akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan hal tersebut seperti : screening/uji tapis TORCH, USG, dsb. Terkadang, meski telah dilakukan berbagai pemeriksaan, penyebab keguguran berulang masih belum dapat dipastikan, jika hal tersebut terjadi tidak perlu khawatir karena 70-80% wanita dengan keguguran berulng yang tidak diketahui sebabnya ternyata akhirnya akan tetap mendapati kehamilan yang normal dan sehat. Akan tetapi, jika ternyata ditemukan penyebab spesigfik, maka tentunya penyebab tersebut harus diatasi terlebih dahulu sebelum anda hamil kembali. Ya, boleh-boleh saja anda mengkonsumsi asam folat. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat membaca tautan berikut : 8 cara cepat hamil setelah keguguran demikian yang dapat saya sam[aikan, semoga bermanfaat.

    Indah Yulia N  Indah Yulia N
    Anggota

    Terimakasih atas informasinya Dok, semoga sy cepat hamil lg sehat dan sempurna amien ya Allah